Apa dasar penyusun sistem Periodik oleh mendeleeff ? dalam hal apa sehingga susunan ini berbeda dengan cara klasifikasi sebelumnya?

Posted on

Apa dasar penyusun sistem Periodik oleh mendeleeff ? dalam hal apa sehingga susunan ini berbeda dengan cara klasifikasi sebelumnya?

Sistem Periodik yang disusun oleh mendeleev berdasarkan kenaikan massa atom relatif (Ar)

Lalu, apa yang membedakan dengan cara klasifikasi sebelumnya (karena dasar hukum Mendeleev mirip dengan Oktaf Newlands dan Lother Meyer) ?

Perkembangan Sistem Periodik

1. Menurut Lavoisier

Jadi, Sistem periodik yang disusun oleh Lavoisier berdasar pada sifat kimia dalam atom tersebut. Pada 1789, ia mengelompokkan 33 unsur kimia, unsur-unsur kimia ini dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu ; gas, tanah, logam dan non logam. Pengelompokkan ini dianggap terlalu umum (karena dalam logam masih terdapat unsur yang berbeda)

2. Hukum Triade Doberreiner

J.W Doberreiner mengelompokkan unsur-unsur berdasarkan kemiripan sifat-sifatnya, jika diperhatikan tabel yang dibuat oleh Doberreiner (ada di google :D) ada terdapat 3 unsur di setiap tabelnya, contohnya Senyawa Pembentuk Alkali (pada tabel) ; Li,Na,dan K. Mereka memiliki massa atom masing-masing sebesar 7,23, dan 39. Dari ketiga unsur yang sifatnya mirip, yang ditengah (Na) adalah rata-rata dari unsur yang pertama dengan yang ketiga. Nah, makanya disebut dengan Triade Doberreiner

3. Hukum  Oktaf Newlands

Hukum ini dibuat berdasarkan kenaikan massa atom relatif . Hukum ini saya bisa bilang mirip dengan musik (pendapat sendiri), setiap unsur berubah secara teratur, misalkan unsur 1 mirip dengan unsur 8, unsur 8 mirip dengan unsur 15 (polanya naik setiap 1 oktaf), namun kurang efektif karena seperti terlalu dipaksakan (belum tentuk setiap 1 oktaf itu mirip sifatnya)

4. Hukum Mendeleev

Hukum ini berdasar pada kenaikan massa atom relatif + Sifat-sifat kimia atom (sebagai alternatif pengelompokkan). Caranya yaitu, ia membentuk kartu, lalu menuliskan lambang,massa dan sifat atom. Setelah itu, unsur yang memiliki sifat serupa ditempatkan dalam laju vertikal atau bisa disebut Golongan. Karena pengelompokkan inilah ditemukan beberapa tempat kosong yang nantinya akan diisi dengan unsur yang saat itu belum ditemukan. bedanya dengan Lothar Meyer adalah ia (L.M) menekankan pada sifat fisik unsur tersebut.

Seperti itu penjelasannya, semoga membantu 😀

Referensi : Buku Kimia (ada di google XD)