Sebutkan sifat sifat neutron

Posted on

Sebutkan sifat sifat neutron

Jawaban Terkonfirmasi

Sifat-sifat neutron:

  1. Tidak memiliki muatan
  2. Bermassa hampir sama dengan proton
  3. Bersama proton menyusun inti atom

Pembahasan:  

Neutron adalah partikel penyusun atom, dengan simbol n. Partikel ini tidak memiliki muatan dan memiliki massa sedikit lebih besar dari proton. Proton dan neutron merupakan penyusun inti atom. Keduanya memiliki massa kira-kira satu satuan massa atom, sebesar 1,675 ×10⁻²⁷ kg.

Neutron terikat dengan proton dan neutrol lainya di dalam inti atom melalui energi pengikat inti atom (nuclear binding energy), secara efektif memoderasi gaya tolak di antara proton dan menstabilkan nukleus.

Pada unsur dengan energi pengikat rendah, proton dan neutron bisa terlepas menghasilkan radiasi elektromagnetik. Unsur-unsur ini disebut unsur radioaktif, seperti uranium dan plutonium.

Neutron ditemukan oleh ilmuwan Inggris, James Chadwick pada tahun 1932. Pengamatan dari radiaasi inti atom menunjukkan adanya suatu partikel yang bermassa, namun tak bermuatan. Radiasi dari partikel ini disebut radiasi gamma. Pengamatan radiasi ini menghasilkan ditemukannya Neutron oleh James Chadwick. Atas penemuannya ini, James Chadwick dianugerahi Hadiah Nobel bidang Fisika pada tahun 1935.

Menurut Teori Kuantum, neutron adalah partikel yang berputar dengan spin 1/2, sehingga termasuk jenis fermion. Antineutron adalah antipartikel dari neutron. Antipartikel ini ditemukan oleh Bruce Cork pada tahun 1956.

Pelajari Lebih Lanjut

1. Pengertian proton, elektron, dan neutron

brainly.co.id/tugas/22891418  

2. Ada berapakah proton, neutron dan elektron dalam atom 92 U 235?

brainly.co.id/tugas/10804144

Detail Jawaban      

Kode: 10.7.1  

Kelas: X  

Mata pelajaran: Kimia    

Materi: Bab 2 – Struktur Atom  

Kata Kunci: Neutron