Pengertian ,macam-macam,manfaat dan tujuan kepemimpinan

Posted on

Pengertian ,macam-macam,manfaat dan tujuan kepemimpinan

Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Cara alamiah mempelajari kepemimpinan adalah "melakukannya dalam kerja" dengan praktik seperti pemagangan pada seorang seniman ahli, pengrajin, atau praktisi.
Macam2 kepemimpinan
1. Model Kepemimpinan Transaksional

Ini merupakan model kepemimpinan yang berfokus pada transaksi antarpribadi, antara pemimpin atau pihak manajerial dan karyawan. Dua karakteristik dalam model kepemimpinan transaksional adalah:

Para pemimpin menggunakan penghargaan kontigensi untuk memberikan motivasi pada karyawan.
Para pemimpin melaksanakan tindakan korektif hanya ketika para bawahan gagal mencapai tujuan kinerja.
2. Kepemimpinan Kharismatik

Kepemimpinan ini menekankan perilaku pemimpin yang simbolis. Pesan pesan mengenai visi dan memberikan inspirasi, komunikasi non-verbal, daya tarik terhadap nilai nilai ideologis, stimulasi intelektual terhadap para pengikut oleh pemimpin, penampilan, kepercayaan diri sendiri dan untuk kinerja yang melampaui panggilan tugas

3. Kepemimpinan Visioner

Kepemimpinan ini adalah kemampuan untuk mengkreasikan dan mengartikulasikan suatu visi yang realistis yang dapat dipercaya serta menarik yang berhubungan dengan organisasi atau unit organisasi agar dapat terus tumbuh dan terus meningkat

4. Kepemimpinan Tim

Menjadi pemimpin efektif harus memelajari keterampilan seperti kesabaran untuk membagi informasi, percaya kepada orang lain, menghentikan otoritas dan memahami kapan harus melakukan intervensi

Empat peran pemimpin tim dalam model kepemimpinan ini adalah:

Para pemimpin merupakan penghubung bagi para konstituen eksternal
Pemimpim tim adalah pemecah masalah
Pemimpim tim adalah manajer konflik
Pemimpin adalah pelatih

Macam macam kepemimpinan dan fungsi kepemimpinan
Fungsi Kepemimpinan

Setelah anda simak tentang macam macam kepemimpinan diatas, anda butuh untuk mengetahui tentang apa fungsi kepemimpinan itu sendiri, serta pengertian kepemimpinan itu apa?

Berikut akan dijelaskan tentang dimensi fungsional kepemimpinan dalam organisasi. Terdapat dua fungsi kepemimpinan yang penting dan harus dimiliki seorang pemimpin dalam berorganisasi, yaitu:

1. Fungsi Tugas Kepemimpinan

Fungsi kepemimpinan ini berhubungan dengan sesuatu yang harus dilaksanakan untuk memilih dan menyelesaikan tujuan tujuan secara rasional. Adapun fungsi fungsi tugas kepemimpinan bagi seorang pemimpin dalam organisasi adalah:

a. Menciptakan kegiatan

Tugas seorang pemimpin adalah menetapkan deskripsi pekerjaan (job description atau task) secara jelas untuk para karyawan ataupun anggota organisasi. Dengan adanya hal yang seperti itu, para anggota dapat merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatannya dari waktu ke waktu dengan baik.

b. Mencari informasi

Informasi dalam kepemimpinan organisasi adalah sumber daya yang sangat penting yang harus dipunyai. Tugas pemimpin adalah mencari informasi tersebut secara tepat, cepat dan akurat.

c. Memberi informasi

Informasi tidak lah berguna apabila dalam kepemimpinan seorang pemimpin organisasi tidak dipergunakan dengan baik. informasi yang telah dicari tersebut harusnya dibagi dengan tepat kepada para anggota yang memang diperuntukkan.

d. Memberi pendapat

tugas pemimpin adalah memberikan pendapat dan nasihat kepada para bawahan, baik diminta ataupun tidak. Unsur perlu dan tidak perlu sangat dibutuhkan dalam pemberian pendapat tersebut oleh pemimpin kepada bawahan.

e. Menjelaskan

Tugas pemimpin dalam fungsi kepemimpinan selanjutnya adalah menjelaskan. Menjelaskan apa yang perlu bagi para anggota ataupun anggota tertentu sehingga dapat berjalan dengan baik.

f. Mengoordinasikan

Tugas mengoordinasikan merupakan fungsi kepemimpinan yang penting dilakukan. Tanpa adanya koordinasi dalam kepemimpinan organisasional yang baik, pekerjaan akan runyam. Oleh karena itu, koordinasi yang baik sangat dibutuhkan sehingga organisasi dapat berjalan efisien dan efektif.

g. Meringkaskan

Fungsi kepemimpinan yang satu ini bertujuan dalam memahamkan hal rumit kepada para anggota. Hal ini diperlukan agar setiap anggota setidaknya memiliki kesamaan pengetahuan terhadap suatu kesepakatan ataupun pekerjaan.

h. Menguji kelayakan

Seorang pemimpin dalam kepemimpinan organisasi, haruslah