Hal hal yang perlu diperhatikan dalam membuat alogaritma​

Posted on

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam membuat alogaritma​

Jawaban:

a) Teks algoritma menjelaskan langkah-langkah penyelesaian masalah.  Penjelasan tersebut ditulis dalam notasi apapun asal mudah  di mengerti dan di pahami.

b) Tidak ada notasi yang baku dalam penulisan teks algoritma seperti notasi bahasa pemrograman. Notasi yang digunakan dalam menulis algoritma  disebut notasi algoritmik.

c) Setiap orang dapat membuat aturan penulisan dan notasi algoritmik sendiri.  Hal ini dikarenakan teks algoritma tidak sama dengan teks program. Namun,  supaya notasi algoritmik mudah ditranslasikan ke dalam notasi bahasa  pemrograman tertentu, maka sebaiknya notasi algoritmik tersebut  berkorespondensi dengan notasi bahasa pemrograman secara umum.

d) Notasi algoritmik bukan notasi bahasa pemrograman, karena itu pseudocode  dalam notasi algoritmik tidak dapat dijalankan oleh komputer. Agar dapat  dijalankan oleh komputer, pseudocode dalam notasi algoritmik harus  ditranslasikan atau diterjemahkan ke dalam notasi bahasa pemrograman yang  dipilih. Perlu diingat bahwa orang yang menulis program sangat terikat dalam  aturan tata bahasanya dan spesifikasi mesin yang menjalannya. pseudocode  adalah kode yang mirip dengan instruksi kode program sebenarnya.

e) Algoritma sebenarnya digunakan untuk membantu kita dalam  mengkonversikan suatu permasalahan ke dalam bahasa pemrograman.

f) Algoritma merupakan hasil pemikiran konseptual, supaya dapat dilaksanakan  oleh komputer, algoritma harus ditranslasikan ke dalam notasi bahasa  pemrograman.