Jelaskan apa saja pendorong mobilitas sosial dan contoh nya​

Posted on

Jelaskan apa saja pendorong mobilitas sosial dan contoh nya​

Jawaban:

A.Faktor struktural

B.Faktor Individu

C.Faktor Sosial

D.Faktor Ekonomi

E.Faktor Politik

Penjelasan:

A. contoh faktor struktural :

Anak orang kaya yg mudah untuk memperoleh modal usaha dibandingkan anak orang miskin .Namun, pada masa sekarang , banyak orang miskin yg menjadi kaya karena kegigihan nya dalam berusaha dan karena prestasi.

B.contoh Faktor Individu

Dua orang sarjana dari perguruan tinggi yang sama* melamar pekerjaan di suatu perusahaan . Hanya satu orang yg diterima karena dianggap memiliki ambisi dan komitmen.

C.contoh Faktor Sosial.

Setiap manusia dilahirkan dalam status sosial yg dimiliki oleh orang tua nya.Apabila ia tidak puas dengan kedudukan yg diwariskan oleh orang tua nya , ia dapat mencari kedudukannya d lapisan yg lebih tinggi.

D.Contoh Faktor Ekonomi .

Seseorang dengan kondisi ekonomi yg baik akan lebih mudah melakukan mobilitas sosial ,tetapi seseorang yg ekonomi nya tidak baik cenderung lebih sulit melakukan mobilitas sosial .

D.Contoh faktor Politik .

Pada masa belanda , situasi politik dalam negeri tidak menentu . Belanda masih berusaha menguasai Indonesia sehingga memilih perang baru . Sehingga membuat pemerintah lebih sibuk mengurus keamanan negara dari pada meningkatkan perekonomian . Hal ini jelas mempengaruhi sosial warga negara .