Menganalisis lembaga kerja sama ekonomi “Tolong bantu jawab yah” :)

Posted on

Menganalisis lembaga kerja sama ekonomi
“Tolong bantu jawab yah” 🙂

Jawaban:

Kerja sama internasional merupakan bentuk hubungan yang dilakukan suatu negara dengan negara lain untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan kepentingan negara. Ada berbagai macam bentuk kerja sama internasional, di antaranya adalah kerja sama di bidang politik, sosial, pertahanan dan keamanan, kebudayaan, serta ekonomi. Di artikel kali ini, kita akan membahas lembaga-lembaga kerja sama ekonomi internasional.

Kerja sama ekonomi internasional dapat dibagi ke dalam empat kategori, yaitu kerja sama bilateral, regional, multilateral, dan antarregional. Jika kerja sama bilateral hanya melibatkan dua negara, bentuk kerja sama ekonomi lainnya terdiri dari beberapa negara. Karena itu untuk memastikan kesejahteraan tiap negara anggota kerja sama, didirikanlah organisasi atau lembaga kerja sama ekonomi internasional.

1. Kerja Sama Ekonomi Regional

Kerja sama ekonomi regional adalah kerja sama ekonomi yang diikuti oleh beberapa negara di wilayah tertentu. Contohnya adalah kerja sama ekonomi di negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) atau negara-negara Karibia Timur (OECS).

2. Kerja Sama Ekonomi Multilateral

Kerja sama ekonomi multilateral atau internasional adalah bentuk kerja sama ekonomi yang melibatkan banyak negara dan tidak terikat oleh wilayah atau area tertentu. Contoh kerja sama ekonomi multilateral adalah OPEC dan IMF.

3. Kerja Sama Ekonomi Antarregional

Terakhir, kerja sama ekonomi antarregional adalah kerja sama ekonomi antara dua kelompok kerja sama ekonomi regional. Contoh lembaga yang memfasilitas kerja sama ekonomi antarregional adalah APEC