Sebutkan dan jelaskan asal mula pulau-pulau di indonesia? ​

Posted on

Sebutkan dan jelaskan asal mula pulau-pulau di indonesia? ​

Jawaban:

Pertama, asal-usul nama pulau Sumatra disebut berasal dari kata “Samudera”, merujuk pada nama kerajaan di Aceh pada abad ke-13 dan-14.

Kedua, sumber sejarah asal-usul nama pulau Jawa dianggap agak “tidak jelas” karena diyakini memiliki banyak versi. Namun, musafir yang datang dari India mengisahkan bahwa nama ini diambil dari tanaman jáwa-wut yang terkenal di pulau ini.

Ketiga, asal-usul nama pulau Kalimantan dimulai dengan nama Borneo, yang konon berasal dari nama “Brunei”. Pendapat yang menguatkan teori ini adalah nama pulai Kalimantan kala itu yang mulanya disebut sebagai “Bun-Lai”—sebuah nama yang mirip dengan “Brunei”.

Keempat, nama Makassar disebutkan oleh Ustaz Baequni berasal dari kata “yang terpecah-pecah”. Namun, menurut legenda yang berkembang, asal-usul namanya berasal dari kata Akkasaraki Nabbiya, yang artinya “nabi menampakkan diri”.

Kelima, nama Maluku mungkin menjadi satu-satunya yang hampir mirip dengan apa yang disampaikan Ustaz Rahmat Baequni. Kata Al-Mulk disebut sebagai asal kata Maluku, yang berarti “negeri para raja”. Namun demikian, Maluku juga diyakini berasal dari bahasa Ternate, yaitu Moloku atau Moloko, yang berarti “tanah air”.

Keenam, Papua Nugini, yang notabene adalah tetangganya Indonesia, tak lepas sebagai materi yang disampaikan Ustaz Rahmat Baequni. Meski oleh Pak Ustaz disebut dulunya bernama Billadul nurul islami, kata “Papua” ini berasal dari bahasa Melayu, yang berarti “rambut keriting”.

Istilah Nugini ini berasal dari kata New Guinea, yang muncul pada masa kolonial Portugis dan Spanyol. Konon,sebutan New Guinea diberikan karena adanya kesamaan tampilan fisik penduduk asli dengan penduduk yang ada di daerah Guinea di Afrika.