sebuah roda mula mula diam, lalu bergerak dengan percepatan sudut konstan 5 radian/s². Kecepatan anggulernya 10 detik kemudian adalah..

Posted on

sebuah roda mula mula diam, lalu bergerak dengan percepatan sudut konstan 5 radian/s². Kecepatan anggulernya 10 detik kemudian adalah..

Jawaban Terkonfirmasi

Sebuah roda mula mula diam, lalu bergerak dengan percepatan sudut konstan 5 radian/s². Kecepatan anggulernya 10 detik kemudian adalah 50 radian/s.

Penjelasan:

Prinsip gerak translasi (gerak lurus) dengan gerak melingkar atau rotasi adalah sama. Pada gerak lurus, kita tahu bahwa jika benda mengalami percepatan konstan a selama t sekon, maka kecepatan bendanya adalah

v_t=v_0+at;;...(1)

dimana v_0 adalah kecepatan awal benda dan v_t adalah kecepatan benda setelah mendapatkan percepatan konstan  a selama t sekon. Hal yang sama juga berlaku pada gerak melingkar/gerak rotasi. Jika kita diberi tahu bahwa suatu benda mengalami percepatan sudut konstan alpha selama t sekon, maka kecepatan angulernya adalah:

omega_t=omega_0+ alpha t;;...(2)

dimana omega_0 adalah kecepatan anguler awal, omega_t adalah kecepatan anguler setelah benda mengalami percepatan sudut konstan alpha selama t sekon.

Dari soal diketahui bahwa omega_0 bernilai 0 (benda diam), sedangkan alpha bernilai 5 radian/s² dan t bernilai 10 sekon. Maka dengan memasukkan nilai-nilai tersebut ke persamaan (2):

omega_t=0+(5)(10)

   =50;rad/s

Pelajari lebih lanjut:

Contoh soal GLBB: brainly.co.id/tugas/12480649

Detil jawaban :

Kelas : 10

Mapel : Fisika

Materi : Gerak Melingkar

Kode soal : 10.6.5

Kata Kunci : GMBB, melingkar, gerak, anguler, kecepatan