Bagaimana cara membuat blue print untuk test daily activities in speaking ability

Posted on

Bagaimana cara membuat blue print untuk test daily activities in speaking ability

Jawaban Terkonfirmasi

Pembahasan

Blue print atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan cetak biru adalah sebuah skema atau rancangan dari sebuah sesuatu. Disini, adadiminta utuk membuat sebuah rancangan dari sebuah tes tentang daily activity. Sederhananya, untuk mengetes seseorang tentang kemampuan speakingnya, anda perlu melihat beberapa aspek berikut:

  1. Fluency (Kefasihan), fluency adalah tolak ukur apakah seseorang fasih atau tidak dalam berbicara. Kefasihan ini bisa dilihat dari seberapa lancar dia berbicara.
  2. Prononciation (Pengucapan/ pelafalan), Prononciation adalah tolak ukur untuk melihat sebagus apa seseorang melafalkan atau mengucapkan kata-kata dalam bahasa inggris.
  3. Intonation (Intonasi), Intonasi bicara sangatlah penting untuk melihat apakah dia sudah terlihat seperti seorang native atau belum. Intonasi menjadikan seseorang terlihat lebih natural dalam berbicara.
  4. Grammatical (Grammar), walaupun ini adalah tes speaking atau bericara, namun kita tetap harus memperhatikan gramatikal ucapannya.

Tes speaking ability bertema Daily Activities akan lebih bagus dilaksanakan dengan tes conversation/ interview. Anda menyuruh peserta tes duduk di depan anda dan mulai berbicara dengannya.

Pertanyaan-pertanyaan yang dapat ditanyakan adalah:

  • What do you usually do after wake up?
  • What do usually do in the morning/ afternoon?

Kemudian anda dapat memberikan sebuah kata kunci atau main idea tentang daily activities, dan persilahkan peserta tes untuk bercerita selama satu menit tentang tema tersebut. Anda dapat menggunakan kalimat sebagai berikut:

  • What is your hobby?
  • Can you tell me what is your hobby and how often you spend your time to do this/that?

Jangan lupa untuk memasukan nilai ke dalam 4 kriteria penilaian di atas tadi. Anda bisa memberi nilai 1 sampai 5 untuk tiap kriteria. Satu untuk sangat kurang baik dan Lima untuk Istimewa. Kemudian jumlahkan semua skor dan dikalikan 5. Maka anda bisa mendapatkan nilai untuk tiap peserta tes tersebut.

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Contoh daily activity – brainly.co.id/tugas/7059493

Detil Jawaban

Kelas: Mahasiswa

Mapel: B Inggris

Kategori: Speaking Test

Kata kunci: Test Blueprint