Dalam perumusan dasar negara, semangat toleransi ditunjukkan oleh para pendiri bangsa dalam wujud

Posted on

Dalam perumusan dasar negara, semangat toleransi ditunjukkan oleh para pendiri bangsa dalam wujud

Jawaban Terkonfirmasi

Di dalam perumasan dasar negara semangat toleransi ini sendiri telah ditunjukkan dari para pendiri bangsa di dalam wujud mengganti rumusan dari ketuhanan yang berada pada piagam Jakarta berubah menjadi ketuhanan yang maha esa. Hal tersebut dikarenakan ini merupakan bentuk dari perwujudan sikap toleransi di dalam beragama.

Pembahasan

Dasar negara dari Indonesia yaitu ialah Pancasila. Pancasila ini sendiri telah lahir dengan melalui sebuah proses perumusan yang dapat dibilang sangatlah panjang. Proses ini sendiri telah diawali dengan terdapatnya bentuk Badan Penyidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia ataupun BPUPKI yang di mana pada bahasa Jepang telah disebut dengan Dokuritsu Junbi Cosakai.

Perumusan dasar negara ini sendiri telah dimulai pada sidang BPUPKI yang telah dilakukan pada tanggal 29 Mei-1 Juni 1945. Di dalam sidang ini sendiri telah terdapat tiga macam tokoh bangsa Indonesia yang di mana telah terlibat yaitu ialah Soekarno, Mohammad Yamin, dan juga Soepomo. Mereka telah mengusulkan sebuah hal yang utama pada dasar negara.

Setelah itu, pada sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang telah dilakukan pada tanggal 18 Agustus 1945 yaitu merupakan sidang yang sangatlah penting untuk sejarah lahirnya Pancasila.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang contoh pengamalan pancasila brainly.co.id/tugas/3305145

2. Materi tentang pengamalan sila pancasila brainly.co.id/tugas/30850828

3. Materi tentang pengamalan nilai-nilai pancasila di rumah brainly.co.id/tugas/18052171

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 7

Mapel: PPKn

Bab: Bab 1 – Pembelajaran Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara

Kode: 7.9.1

#TingkatkanPrestasimu #SPJ6