4 contoh kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung

Posted on

4 contoh kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung

=== jawaban ===

KALIMAT LANGSUNG adalah kalimat yang diucapkan secara langsung dari sumbernya / dari orang yang bersangkutan itu sendiri.

Biasanya jika dikalimat akan ditandai dengan pengikutan tanda petik (") untuk menyatakan sebuah dialog.

Contoh kalimat;
• "biarkan aku pergi hari ini. Aku sudah menahan diri. Kutak kuasa melihat sanak saudaraku menderita di sana" ucap Kirana dengan tangis tak terbendung.

Bisa dilihat kalau kalimat langsung selalu ditandai dengan siapa yang bicaranya, tanpa lewat perantara.
_____________________________

KALIMAT TIDAK LANGSUNG adalah kalimat yang tidak diucapkan dari sumbernya atau lebih tepatnya kebalikan dari kalimat langsung.

Biasanya kalimat tidak langsung diucapkan melalui perantara orang lain kepada orang lain kembali. Dan tidak ditandai dengan dua tanda 4 tanda petik dalam satu kalimat.

Contoh kalimat;
• "yah seperti yang dikatakan saudari Ervan, kita harus menaklukan setumpuk tugas ini sebelum matahari terbenam. Kalau tidak, habis sudah kita bermalam di sekolah. Menyedihkan" keluh Ramdan dengan mulut tak henti berkoak.

Dari kalimat di atas menunjukan bahwa ervan mengatakan "tugas harus selesai hari ini juga, kalau belum tidak diizinkan pulang".
Akn tetapi kalimat tersbeut diucapkan oleh Rahdan.

Dan untuk kalimat yang diucapkan Ervan tidak perlu memakai tnda kutip karena di sana sudah diwakilkan oleh Ramdan.
Maka dari itu kalimat tersebut masuk dalam bentuk "tidak langsung" ✔
________________

Contoh lainnya:

♙. K a l i m a t . L a n g s u n g
• "aku izin pulang duluan. Sudah tak ada waktu lagi, sebentar lagi aku mesti memandu acara" pamitnya dengan tergesa-gesa.
• "maaf-maaf saja nih, ya. Terkadang manusia lupa untuk bercermin" Angga berkacak pinggang sembari ironi.
• "Mohon untuk tidak berlari dikoridor. Ini sekolah, bukan lapangan!" tegas pak Joko dengan mengacungkan penggaris kayu. Kesal.
• "semoga ini jalan terbaik. Minggu depan aku akan tampil perdana sebagai perwakilan Indonesia menjadi dubber di Yokohama" hati Sabina sedikit gelisih, tetapi sorot mata menampakan harapan. Ia ingin tampil maksimal.

————–

♙. K a l i m a t . T a k . L a n g s u n g
• "oh, tadi Erza pamit duluan pulang karena ada urusan. Sepertinya dia harus memandu acara lagi. Biasalah, orang sibuk" Nana menjelaskan kembali ketika teman sebangkunya bertanya kemana Erza pergi.
• "yah gitu deh. Kemarin dia sedikit menyindir ironi tentang 'manusia lupa bercermin'. Ah sudahlah, memang sudah tabiatnya begitu" lagi— Ghina mulai beraksi dengan gosipan pedasnya.
• "sumpah, aku ga mau lagi deh lari-lari di koridor. Kemarin pak Joko sudah hampir mengayunkan penggaris kayu. Hih, seram aku" Rara menceritakan kejadian semalam dengan merinding.
• "besok Sabina tampil di Yokohama sebagai perwakilan Indonesia. Dia bilang begitu kemarin sambil gelisih gitu. Kita semangatin, yuk." ajak Zarqa dengan semangat.
• Yahya sempat berkata bahwa besok ujian. Iya, hanya ujian kecil. Tapi karena menyepelekan ucapan Yahya membuat Rizqi pusing tujuh keliling ketika melihat soal-soal yang ada di depan matanya.
____________________________

Semoga membantu✔
Maaf bila kurang memuaskan.
_____________________________