Kegiatan 9.5 yang B bahasa indonesia kelas 8 halaman 245​

Posted on

Kegiatan 9.5 yang B bahasa indonesia kelas 8 halaman 245​

Kegiatan 9.5 yang B bahasa indonesia kelas 8 halaman 245​

Jawaban:

menurut saya teknik vertikal, karena selain kita mudah memahami isi buku, kita juga mendapatkan informasi yang beruntun sesuai sistematika penulisan

Penjelasan:

  • Teknik Fiksasi

Teknik membaca buku yang satu ini dilakukan dengan membuat titik-titik pada kertas dan mengarahkan mata kita kepada titik-titik itu berurutan sampai ke ujung akhir kertas. Titik-titik dapat dibuat lebih jarang setelah beberapa kali latihan. Setelah itu, ulangi lagi sampai berkali-kali agar terbiasa. Terakhir, terapkan teknik ini pada bacaan yang sesungguhnya.

  • Teknik Zig-Zag

Sesuai dengan namanya, teknik ini dilakukan dengan cara membaca zig-zag. Membaca secara zig-zag dapat diterapkan saat membaca teks yang sulit atau memuat kata-kata yang jarang kita temukan.

  • Teknik Spiral

Teknik ini dilakukan dengan membaca spiral dan cocok diterapkan saat membaca teks yang agak sulit.

  • Teknik Diagonal

Ketika menggunakan teknik ini, fokus mata mulai membaca dari halaman sudut kiri atas. Mata kemudian bergerak diagonal ke sudut kanan bawah halaman. Selanjutnya, jari digunakan untuk membuka halaman berikutnya yang hendak dibaca agar teknik membaca ini berkelanjutan.

  • Teknik Vertikal

Teknik membaca buku yang terakhir adalah teknik vertikal. Teknik ini dilakukan dengan membaca vertikal. Teknik diagonal dan vertikal cocok diterapkan saat membaca teks yang mudah seperti kamus dan surat kabar.