Sebutkan 3kegiatan penting dalam penyesutingan sebuah dokumen

Posted on

Sebutkan 3kegiatan penting dalam penyesutingan sebuah dokumen

.      Analis sistem menempuh tiga tahap utama dalam pengembangan sistem akuntansi.
a. Sebutkan tiga tahap utama tersebut?
Jawab :
Pengembangan sistem akuntansi dilaksanakan melalui tiga tahap utama yaitu :
1. Analisis sistem (system analysis)
2. Desain sistem (system design)
3. Implementasi sistem (system implementation).

b. Sebutkan tahap yang paling menentukan dalam pengembangan sistem akuntansi. Jelaskan jawaban saudara?
Jawab :
Menurut saya tahap yang sangat menetukan dalam peengembangan sistem akuntansi adalah tahap yang pertama yaitu tahap analisisi sistem, karena tahap analisis sistem ini merupakan tahap dasar untuk tahap-tahap selanjurnya, jika terjadi kegagalan seorang analis mengidentifikasi jenis sistem  yang diperlukan oleh pemakai informasi maka akan mengakibatkan  sebuah desain sistem yang tidak bermanfaat bagi pemakai informasi. Begitu juga ketahap selanjutnya apabila sebuah desain sistem yang dibuat sudah menyalahi ketentuan seharusnya , maka desain tidak akan di implementasikan , walaupun dipaksakan di terapkan sistem tersebut tidak akan berjalan sebagaimana yang diharapkan.
2.      Tahap analisis sistem dibagi menjadi dua: tahap analisis pendahuluan dan tahap pelaksanaan analisis sistem
a. Sebutkan nama dan manfaat dokumen tertulis yang dihasilkan oleh analis sistem dalam measing-masing tahap analisis sistem tersebut.
Jawab :
Pada tahap analisis pendahuluan : analis akan mengahsilkan atau membuat sebuah dokumen tertulis yang disebut “usulan pelaksanaan analisis sistem”, usulan ini bernanfaat dan digunakan untuk mempertemukan pikiran pemakai informasi dengan analis sistem mengenai pekerjaan pengembangan sistem akuntansi yang akan dilaksanakan oleh analis sistem untuk memenuhi kebutuhan pemakai informasi.
Pada tahap pelaksanaan alisis sistem : dokumen tertulis  yang dihasilkan dalam tahap pelaksanaan analisis sistem ini disebut “laporan hasil analisis sistem” yang nantinya akan  diserahkan kepada  pemakai informasi yang berisi temuan-temuan yang diperoleh oleh analis sistem dalam analisis sistem.  Laporan hasil anaisis ini bermanfaat bagi para pemakai informasi dalam hal pengambilan keputusan.

b. Sebutkan isi masing-masing dokumen tertulis tersebutJawab :
isi dari dokumen usulan pelaksanaan analisis sistem adalah : sebuah rancagan kerja atau untuk lebih jelasnya isi dari usulan pelaksanaan analisis sistem adalah sebagai berikut :
1.       Memuat alasan ringkas dan jelas yang mendasari dilakukannya pengembangan sistem akuntansi2.      Pernyataan khusus tentang persyaratan kinerja yang diharapkan dari sistem akuntansi yang diusulkan3.      Batasan luas analisis sistem yang akan dilakukan4.      Identifikasi informasi yang kemudian harus dikumpulkan dalam analisis sistem5.      Identifikasi sumberr-sumber potensi yang dapat menyediakan informasi yang diperlukandalam analisis sistem6.      Daftar peristiwa besar atau titik-titk pengecekan yang digunakan untuk mengecek perkembangan analisis sistem yang dilakukan oleh analisis sisntem.
Isi Laporan Hasil Analisis Sistem meliputi :
1.          Pernyataan kembali alasan yang mendasari dan luas analisis sistem yang dilaksanakan oleh analis sistem.2.          Daftar masalah besar yang ditemukan analis sistem.3.          Surat pernyataan persyaratan informasi yang diperlukan oleh pemakai informasi.4.          Suatu pernyataan tentang asumsi penting yang dibuat oleh analis sistem selama melakukan analisis sistem.5.          Suatu proyeksi sumber daya yang diperlukan beserta biaya yang dibutuhkan dalam perancangan sistem akuntansi yang baru, atau pengubahan sistem yang sekarang digunakan oleh perusahaan. Proyeksi ini mencakup kelaikan dilanjutkannya tahap-tahap berikutnya pengembangan sistem akuntansi.6.          Rekomendasi yang bersangkutan dengan sistem yang diusulkan atau persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh sistem yang diusulkan tersebut.
3.      Pada tahap analisis sistem, analis sistem berusaha merumuskan informasi yangdiinginkan oleh pemakai informasi. Setujukah Saudara dengan pernyataan tersebut ? jelaskan jawaban saudara.Jawab :
Analis sistem adalah seorang yang ahli yang mampu menyajikan berbagai alternatif desain sistem informasi yang memungkinkan pemakai informasi memilih antara berbagai desain yang ditawarkan oleh analis sistem.Untuk mengahsilkan sebuah alternatif disain sistem informasi, anlis melakukan wawancara yang tentu salah satunya adalah menanyakan jenis informasi apa yangdiperlukan oleh pemakai informasi.Pada tahap analisis sistem, apabila analis berusaha merumuskan informasi yangdiinginkan oleh pemakai informasi, saya setuju sebeb sudah tugas dari anlis membantu pemakai informasi dalam mengidentifikasi informasi yang diperlukan dan sesuai untuk dipamakai oleh pemakai informasi dalam melaksanakan perkerjaannya.