Tolong buatkan cerpen 1000 kata buat besok :(

Posted on

Tolong buatkan cerpen 1000 kata buat besok 🙁

Jawaban:

Cerpen bertema kasih sayang

Aku mempunyai seorang kakak yang bernama Nita. Waktu aku kecil, kami sering bermain bersama bahkan bertengkar karena memperebutkan mainan. Ibu selalu memarahi Kak Nita karena ia jarang mengalah untk memberikan mainannya kepadaku dan setelah itu Kak Nita selalu memarahiku karena menurutnya ibu lebih sayang kepadaku. Ibu dan Ayahku pergi untuk selamanya pada aku berumur 15 tahun dan Kak Nita umur 17 tahun. Mereka mengalami sebuah kecelakaan di jalan tol ketika ingin menjemput kami di rumah nenek. Pada saat itu lah banyak masalah menghampiri kehidupan kami.

Hal itu dimulai ketika kakakku mulai terjebak pergaulan bebas di dalam masa remajanya. Ia sering pulang malam, main bersama banyak laki-laki, minum minuman keras. Aku mulai merasa jengkel terhadap kelakuannya yang semakin membuatku pusing. Hingga suatu saat, aku menjumpai kakakku mengambil uang didompetku dan dipergunakan untuk main ke diskotik bersana teman-temannya. Padahal uang tersebut adalah uang tabunganku yang sengaja aku kumpulkan untuk biaya sehari-hari tapi ternyata Kak Nita memakainya untuk hal yang tidak benar. Aku sangat marah terhadapnya, aku sempat memintanya untuk mati agar tidak menyusahkan hidupku, aku mulai benci dan tidak ingin berbicara kepadanya.

Suatu ketika, aku mengalami pusing yang sangat sakit dan tidak aku tahan. Aku mencari gejala-gejala yang ku miliki lewat internet dan aku mendapati kalau gejala yang ku punya menjurus ke kanker. Karena aku penasaran, aku langsung menuju rumah sakit kanker yang ada di daerahku. AKu menjalani test darah dan scan untuk memastikan semuanya. Ternyata benar, aku mengidap penyakit kanker dengan stadium yang cukup parah.

Kehidupan dirumah sangat tidak teratur.  Kakakku makin berani untuk minum minuman keras dan merokok dirumah. Ketika aku mengalami mual, ternyata di dalam kamar mandi ada kakakku yang sedang merokok. Aku langsung menggedor-gedor pintu kamar mandi karena aku tidak dapat menahannya lagi. Kakakku kaget dan langsung keluar kamar mandi saat aku memuntahkannya. Dia kebingungan apa yang telah terjadi padaku. Akhirnya topi yang selama ini aku pakai untuk menutupi kepalaku yang mulai botak karena terapi kanker dibuka olehnya. Dia sangat terkejut dan menangis dengan keras. Dia menyesal atas perbuatannya selama ini yang selalu acuh dan terpengaruh oleh pergaulan.

Setelah kejadian itu, Kak Nita merawatku dengan penuh kesabaran. Dia memandikanku persis seperti waktu dulu kami kecil. Ia memberikan aku semangat dan arti kakak yang selama ini aku butuhkan. Sosok seorang kakak yang bisa membimbing aku, mengajari aku banyak hal, melindungi aku dengan sepenuhnya. Aku kaget bukan main ketika melihat ia memotong rambutnya sama sepertiku dan dia bilang kalau dia tidak ingin aku merasakannya sendirian. Aku salah, sempat memintanya untuk pergi dan mati dari hidup ini. Aku merasakan kebahagiaanku yang lengkap setelah kejadian ini. Aku berharap dia akan terus seperti ini walaupun aku sudah tidak ada lagi.

Penjelasan:

dibawah semoga benar,,,maaf kalau salah☺

Pembahasan

Cerita pendek atau cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif yang menggambarkan singkat langsung ke tujuan.

Unsur-unsur intrinsik cerpen mencakup diantaranya :

Tema, yaitu ide pokok sebuah cerita.

Latar (setting), yang mecakup latar tempat, waktu dan suasana

Alur (plot) yaitu susunan peristiwa yang membentuk sebuah cerita

Alur Ekstrinsik, yaitu unsur-unsur yang berada diluar karya sastra, seperti :

Nilai-nilai dalam cerita

Latar belakang kehidupan pengarang

Situasi sosial