Pada spermatogenesis, sel sertoli berfungsi

Posted on

Pada spermatogenesis, sel sertoli berfungsi

Fungsi Sel Sertoli
Nutrisi

Fungsi utama dari sel-sel ini adalah untuk memberikan nutrisi pada sel sperma yang baru berkembang. Ini adalah alasan mengapa sel-sel ini juga dikenal sebagai sel perawat atau sel induk. Sel-sel ini juga membantu untuk membawa sel-sel ini dari membran basal ke lumen tubulus semiferous.

Pembekuan Darah-Testis Barrier

Sel-sel ini membentuk partisi yang memisahkan darah di daerah interstitial dari lumen tubulus seminiferus (dikenal sebagai kompartemen adluminal). Penghalang yang diperlukan untuk mencegah darah bersentuhan dengan spermatozoa yang baru disintesis dan mempunyai genetik berbeda, dan dengan demikian, mencegah serangan imunologi tertentu pada mereka. Sel Sertoli juga mengontrol masuk dan keluar berbagai hormon dan nutrisi ke tubulus.

Selain itu, sel-sel ini juga diminta untuk menyediakan lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan sel-sel induk spermatogonium.

Sekretori

Sel Sertoli mensintesis hampir enam puluh protein sekretori yang berfungsi dalam spermatogenesis.

Berikut adalah beberapa protein yang disekresikan sel sertoli:

Androgen binding Protein: Ini adalah glikoprotein yang mengikat hormon seperti testosteron, dihidrotestosteron, dan estradiol. Protein ini dibutuhkan untuk pematangan sel sperma.
Hormon Anti-Mullerian: Ini adalah protein yang menghambat pembentukan saluran Miillerii, dan dengan demikian membantu dalam pencegahan perkembangan organ reproduksi wanita pada embrio laki-laki.
Estradiol: Walaupun merupakan hormon seks wanita, itu disekresikan oleh sel Sertoli untuk mencegah apoptosis spermatozoa.
Inhibins dan Activins: Ini adalah sel-sel protein yang diperlukan untuk mengatur tingkat Follicle Stimulating Hormone.
Fagosit

Sel Sertoli bertindak sebagai fagosit dan mengkonsumsi proses sitoplasma yang tersisa selama spermatogenesis.

Sel-sel spermatogenik tetap terus berhubungan dengan sel Sertoli, yang terus memberikan mereka dukungan struktural dan metabolik.