Tolong bantu jwb yh kk​

Posted on

Tolong bantu jwb yh kk​

Tolong bantu jwb yh kk​

Jawaban:

1.Teks laporan hasil observasi, adalah jenis teks yang berisi informasi atau penjabaran umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan langsung.

2.1. Rujukan kata

Rujukan kata yaitu satu kata merujuk pada kata lain yang memperlihatkan keterkaitan. Rujukan kata berhubungan dengan kata ganti (kata ganti orang, kepunyaan, dan penunjuk).

2. Kelompok kata (frasa)

Frasa adalah gabungan dua kata atau lebih yang bersifat non-predikatif maksudnya di antara kedua kata itu tidak ada yang berkedudukan sebagai predikat dan hanya memiliki satu makna gramatikal.

3. Kata berimbuhan

Kata berimbuhan adalah kata dasar yang mendapat awalan (prefiks), akhiran (sufiks), dan sisipan (infiks).

4. Hata hubung (Konjungsi)

Konjungsi adalah kata tugas yang menghubungkan dua klausa atau lebih. Konjungsi disebut juga dengan istilah kata sambung, kata hubung, dan kata penghubung

5. Kata Baku dan tidak Baku

Kata Baku

Kata yang menjadi standar dalam penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional, sudah pasti terdapat dalam kamus yakni Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang setiap 5 tahun mengalami perubahan.

Kata Tidak Baku

Kata yang tidak menjadi standar dalam penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa Internasional. kata tidak baku sudah pasti tidak ada dalam KBBI. kata baku dan tidak baku juga digunakan sesuai dengan situasi dan kondisi.

3.LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Membuat judul laporan yang benar sesuai dengan pengamatan yang dilakukan.

Menyusun kalimat pembukaan.

Menyusun isi laporan yang berisi gagasan-gagasan pokok dan saran yang disertai alasan terhadap laporan hasil pengamatan.

Menulis kalimat penutup.

4.Terdapat dua struktur utama isi teks laporan hasil observasi, yaitu sebagai berikut.

Pernyataan umum (klasifikasi), yaitu informasi pengertian mengenai sesuatu yang dibahas atau hasil pengamatan yang telah dilakukan.

Anggota atau aspek yang dilaporkan, yaitu penjelasan secara rinci mengenai informasi yang akan disampaikan berdasarkan hasil pengamatan.

Struktur lain dari teks laporan observasi, yaitu sebagai berikut.

Definisi umum, yaitu bagian yang berisi kalimat definisi. Kalimat definisi adalah kalimat yang mengungkapkah makna, keterangan atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas. Kalimat definisi biasanya ditandai dengan konjungsi adalah, ialah, yakni, yaitu, dan merupakan.

Deskripsi bagian, yaitu bagian yang berisi gambaran tentang konsep yang dilaporkan secara rinci.

Deskripsi manfaat, yaitu bagian yang berisi penjelasan mengenai manfaat-manfaat dari objek yang diamati.

5.Beruang Madu

Beruang madu adalah jenis beruang terkecil di antara delapan jenis beruang yang terdapat di dunia. Tinggi tubuhnya hanya berkisar di angka 140 cm, dengan tinggi punggung 70 cm dan bobot antara 50 hingga 65 kg.

Bulu yang cenderung pendek namun berkilau terlihat menutupi seluruh tubuh beruang madu kecuali telapak kaki. Terdapat ciri yang sangat khas pada tubuh beruang madu yaitu tanda berwarna jingga yang berada tepat di bawah leher.

Beruang madu hidup di pepohonan. Mereka dapat bergerak dengan kecepatan 48 km/jam dan memiliki tenaga yang amat kuat. Karena tergolong mamalia, betina-betina beruang madu menyusui bayi mereka setelah beranak.

Hewan ini tergolong pemakan segala. Mereka tidak hanya mengonsumsi madu sesuai namanya, tapi juga beragam buah dan tumbuhan dalam hutan hujan tropis, termasuk pula tumbuhan jenis palem.

Penjelasan:

jadikan jawaban yg terbaik ya