Buatlah kesimpulan dari materi tentang Perubahan ruang dan Interaksi Antar Ruang Akibat Faktor Alam, Serta Pengaruh Perkembangan Ilmu Dan Teknologi Terhadap Perubahan Ruang?

Posted on

Buatlah kesimpulan dari materi tentang Perubahan ruang dan Interaksi Antar Ruang Akibat Faktor Alam, Serta Pengaruh Perkembangan Ilmu Dan Teknologi Terhadap Perubahan Ruang?

Jawaban:

Pengaruh perkembangan ilmu dan teknologi terhadap perubahan ruang mencakup pengaruh teknologi transportasi dan teknologi komunikasi terhadap perubahan ruang di negara ASEAN.

Maksudnya, dampak perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi bagi negara ASEAN terhadap berbagai aspek kehidupan manusia adalah mempermudah aktivitas dan pekerjaan manusia.

Mengutip Kemdikbud RI, perkembangan ilmu dan teknologi berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia karena memudahkan dalam berbagai aktivitas dan pekerjaan manusia.

Teknologi yang memiliki peranan besar dalam mengubah kehidupan manusia dalam berinteraksi adalah teknologi transportasi, teknologi komunikasi, dan teknologi produksi.

Teknologi transporasi dimanfaatkan untuk memindahkan barang dan manusia dari satu tempat ke tempat lain;

Teknologi komunikasi dimanfaatkan untuk bertukar informasi, ilmu yang menghasilkan teknologi komunikasi mengurangi jarak dan waktu dalam berinteraksi antarpihak;

Teknologi produksi digunakan untuk memproduksi sandang, pangan, dan papan.

Berikut ini penjelasan pengaruh perkembangan IPTEK di ASEAN:

Pengaruh teknologi transportasi terhadap perubahan ruang di negara ASEAN

Teknologi transportasi mencakup berbagai bentuk alat transportasi di darat, laut dan udara. Ilmu dan pengetahuan yang semakin luas memungkinkan perkembangan berbagai macam alat transportasi yang nyaman, cepat, dan tingkat keamanan tinggi.

Contoh kereta cepat monorel, pesawat terbang, speed boat yang terus mengalami perbaikan demi kenyamanan penumpang.

Tetapi di negara-negara ASEAN, alat transportasi tradisional yang belum menggunakan mesin masih dapat dijumpai dan bertahan. Contoh, pedati, delman, dan becak.

Perkembangan teknologi transportasi membawa perubahan aktivitas manusia yang berakibat terhadap perubahan tata kehidupan.

Transportasi udara berupa pesawat bukan lagi alat transportasi mahal. Setiap orang dapat naik pesawat karena cepat, nyaman dan harga terjangkau.

Penjelasan:

maaf kalok g salah