Contoh bentuk integrasi ketergantungan sebutkan 10?​

Posted on

Contoh bentuk integrasi ketergantungan sebutkan 10?​

Contoh Integrasi Sosial

Contoh mengenai adanya integrasi sosial yang ada di dalam masyarakat. Dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, perbedaan ini di dasari pada adanya tipe atau latar belakang dari integrasi sosial yang diciptakan.

Contoh Integrasi Sosial Secara Nasional

Contoh mengenai integrasi sosial yang dilakukan secara Nasional dan pernah diperbuat oleh Indonesia adalah tentang adanya pemeberontakan pada GAM (Gerakan Aceh Merdeka) yang memiliki tujuan untuk keluar dan memiskan dari NKRI. Kejidian gerakan sparatis ini akhirnya bisa diatasi dengan adanya integrasi sosial yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dan GAM melalui proses akomodasi yang saling menguntungkan pihak satu dengan lainnya.

Contoh Integrasi Sosial dalam Kebudayaan

Contoh mengenai integrasi sosial dalam kebudayaan misalnya saja adanya penerimaan sikap yang pernah dilakukan oleh Masyarakat Suku Lampung (Sumatra) kepada Masyarakat Bali. Sebagai gejala sosial di wilayah ini pernah mengalami konflik yang berkepanjangan dan menaruh perhatian secara nasional dan internasional.
Adanya permasalahan mengenai perbedaan inilah akhirnya bisa mempersatuakan antara masyarakat Lampung dengan Bali melalui perundingan atau kerjasa, bahkan dengan berjalannya waktu bentuk integrasi sosial ini telah menjadi proses asimilasi dan akulturasi budaya yang berkembang di wilayan Lampunng ini.

Contoh Integrasi Sosial Internasional

Contoh integrasi sosial yang dilakukan secara integrasi sosial misalnya saja bersatunya antara Negara Jerman Barat dan Jerman Timur. Dengan sistem dan kepentingan pada zaman dulu Negara Jerman berpisah menjadi dua bentuk, hingga akhirnya karena adanya rasa mendahulukan kepentingan bersama wilayah ini mengemai integrasi sosial secara internasional.