Kenapa jika kutub magnet sama akan tolak menolak?

Posted on

Kenapa jika kutub magnet sama akan tolak menolak?

Jawaban Terkonfirmasi

Kutub magnet sama akan tolak menolak karena adanya persamaan muatan pada kedua kutub magnet yang menimbulkan gaya tolak menolak apabila dipertemukan/ didekatkan. Berikut penjelasannya.

Penjelasan:

Magnet merupakan suatu benda atau bahan yang memiliki kemampuan untuk menarik benda magnetis (benda yang mengandung logam besi). Salah satu karakteristik khusus yang dimiliki magnet ialah magnet akan saling tolak menolak apabila ujung kutub yang didekatkan sama (misalnya ujung kutub utara dengan utara dan ujung kutub selatan dengan selatan), sebaliknya magnet akan saling tarik menarik apabila ujung kutub yang didekatkan berbeda (ujung kutub utara dan selatan).

Hal ini dapat terjadi karena muatan yang terkandung pada kedua ujung magnet tersebut. Kutub utara magnet merupakan kutub positif (bermuatan positif) sedangkan kutub selatan magnet merupakan kutub negatif (bermuatan negatif). Kutub positif tidak dapat menarik kutub yang mengandung muatan sejenis, hal ini juga berlaku pada kutub negatif. Inilah kenapa timbul gaya tolak menolak. Sebaliknya, kutub positif dapat menciptakan gaya tarik menarik apabila didekatkan dengan kutub yang mengandung muatan berbeda yaitu kutub negatif.

Kita dapat mengibaratkan kutub magnet ini seperti manusia. Manusia terdapat 2 kubu, yaitu pria dan wanita. Kita anggap pria sebagai kutub positif, sedangkan wanita sebagai kutub negatif. Pria tidak akan tertarik apabila didekatkan ke sesama pria, hal ini juga berlaku pada wanita. Sebaliknya, pria akan tertarik apabila didekatkan dengan wanita, begitupun wanita apabila didekatkan dengan pria.

Semoga membantu.

Pelajari lebih lanjut

Pengertian magnet brainly.co.id/tugas/9894040

Benda magnetis dan non magnetis brainly.co.id/tugas/5479678

Sifat-sifat magnet brainly.co.id/tugas/25846171

Detil Jawaban

Kelas: IX

Mata Pelajaran: Fisika

Bab: Kemagnetan

Kode Kategori: 9.6.5

#AyoBelajar