Kapankah suatu reaksi dapat balik mencapai kesetimbangan? Jelaskan !

Posted on

Kapankah suatu reaksi dapat balik mencapai kesetimbangan? Jelaskan !

Jawaban Terkonfirmasi

Suatu reaksi dapat balik mencapai kesetimbangan bila … laju reaksi pada kedua arah sama besar, sehingga jumlah produk yang dihasilkan dalam reaksi maju tiap satuan waktu sama dengan jumlah pereaksi yang dihasilkan dalam reaksi baliknya.

Pembahasan:

Kesetimbangan reaksi bukan berarti reaksi berhenti sepenuhnya, namun reaksi masih berjalan dengan jumlah pereaksi dan hasil reaksi tetap. Jumlah tetap ini disebabkan laju reaksi ke kanan (menghasilkan hasil reaksi) sama besarnya dengan laju reaksi ke kiri (mengembalikan menjadi pereaksi)

Misalnya keseimbangan reaksi terjadi dalam reaksi yang terbentuk antara empat zat A, B, C dan D dalam reaksi:

A + B <-> C + D.

Kesetimbangan akan menyebabkan laju reaksi yang menghasilkan C dan D sama besarnya dengan laju reaksi yang menghasilkan A dan B, sehingga jumlah empat zat A, B, C dan D akan tetap.

Kesetimbangan ini dapat dirusak atau berubah bila terjadi antara lain: perubahan suhu, adanya katalis yang mempercepat reaksi ke satu arah (seperti enzim) atau perubahan konsentrasi zat pereaksi dan hasil reaksi.

Misalnya, jika diubah kondisinya dengan meningkatkan konsentrasi A, menurut Asas Le Chatelier, posisi keseimbangan akan bergerak sedemikian rupa untuk melawan perubahan, dan menyebabkan laju reaksi meningkan ke kanan.

Pelajari lebih lanjut bunyi Asas Le Chatelier di: brainly.co.id/tugas/8718662  

Pelajari lebih lanjut cara kerja enzim dalam mempercepat suatu reaksi di: brainly.co.id/tugas/11657341

Pelajari lebih lanjut katalisator mempengaruhi laju reaksi langsung dan laju reaksi tidak langsung di: brainly.co.id/tugas/13593262

————————————————————————————-

Detail Jawaban    

Kode: 11.7.4

Kelas: XI

Mata pelajaran: Kimia

Materi: Bab 4 – Kesetimbangan Kimia

Kata kunci: Kesetimbangan Reaksi