Sebutkan fungsi lembaga lembaga social berikut ini

Posted on

A. lembaga keruarga
B. lembaga ekomomi
C. lembaga pendidikan​

Sebutkan fungsi lembaga lembaga social berikut ini

Jawaban:

A.Lembaga keluarga memiliki fungsi pokok dalam memenuhi kebutuhan biologis, emosional, sosial ekonomi dan pendidikan. Lembaga keluarga merupakan salah satu dasar lembaga sosial.

B. Fungsi utama lembaga ekonomi ada dua, yaitu: Mengatur masalah hubungan antar pelaku ekonomi dan meningkatkan produktivitas ekonomi semaksimal mungkin. Mengatur masalah distribusi serta konsumsi barang dan jasa yang dibutuhkan bagi kelangsungan hidup manusia.

C. Fungsi manifes lembaga pendidikan :

Mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat; Melestarikan kebudayaan masyarakat, lembaga pendidikan mengajarkan beragam kebudayaan dalam masyarakat; Menanamkan keterampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi.

Penjelasan:

semoga membantu maaf bila ada kesamaan jawaban semoga bermanfaat

Jawaban:

A.  Lembaga keluarga memiliki 3 fungsi utama dalam masyarakat yaitu fungsi reproduksi, afeksi dan sosialisasi

B. Lembaga Ekonomi memiliki fungsi yang sangat krusial bagi keberlangsungan hidup manusia yakni mengatur masalah hubungan antar pelaku ekonomi dan meningkatkan produktivitas ekonomi semaksimal mungkin, mengatur masalah distribusi serta konsumsi barang dan jasa yang dibutuhkan bagi kelangsungan hidup manusia

C. Lembaga Pendidikan fungsinya dibagi kedalam 2 jenis:

•fungsi manifest (tampak/langsung)

•fungsi laten (tersembunyi/tidak langsung)