Jurnal yang dibuat untuk transaksi yang ada pada piutang dagang

Posted on

Jurnal yang dibuat untuk transaksi yang ada pada piutang dagang

Pengertian Jurnal Pembelian dan Jurnal Penjualan

1. Jurnal Pembelian

Pengertian jurnal pembelian, jurnal pembelian merupakan jurnal yang khusus digunakan perusahaan dagang dalam mencatat semua transaksi pembelian barang dagang, atau barang lainya secara kredit, sedangkan pembelian barang secara tunai akan dicatat dalam jurnal khusus pengeluaran kas.

Setiap terjadi transaksi pembelian barang dagang secara kredit maka akan dicatat pada akun debet pembelian dan kredit dicatat sebagai akun utang dagang. Namu apabila transaksi ini terjadi secara berulang-ulang, akan lebih praktis lagi bila dalam pencatatan disediakan kolom khusus untuk Pembelian dan Utang Dagang.

 

5 Jurnal Khusus Perusahaan Dagang

[up date] Contoh Laporan Keuangan Pada Perusahaan Jasa

Sedangkan untuk jenis transaksi pembelian kredit jenis barang lainya, misalkan seperti pembelian perlengkapan atau peralatan kantor, maka akan dicatat pada kolom debet akun perlengkapan dan kredit pada akun utang dagang. Jika transaksi ini berlangsung secara berulang-ulang ada baiknya disediakan kolom sendiri untuk perlengkapan.

Kemudian untuk pembelian barang lainnya yang bersifat non-continue atau tidak berulang-ulang, kita hanya cukup memasukan kedalam kolom serba serbi.