Jelaskan maksud larangan mendekati zina dalam surat al isra ayat 32

Posted on

Jelaskan maksud larangan mendekati zina dalam surat al isra ayat 32

Maksudnya ialah Allah memerintahkan hambanya untuk tidak mendekati zina, apalagi melakukannya. maksud dari mendekati zina seperti berpegangan tangan dengan lawan jenis, berpacaran, berduaan dengan lawan jenis, goncengan dgn lawan jenis, dll. karena hal tersebut akan mengarah ke arus perzinaan. oleh karena itu Allah berfirman untuk tidak mendekati zina (apalagi melakukan nya) karena itu perbuatan yang keji dan jalan yg buruk, semua yg mendekati zina itu hanya akan menimbulkan dosa.

Surat al isra ayat 32

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

artinya : Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.

kandungan ayat :

1) larangan untuk mendekati zina

perbuatan yang termasuk mendekati zina, terdapat dalam hadits Nabi, yang artinya : “Dari Abu Hurairah dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Sesungguhnya manusia itu telah ditentukan nasib perzinaannya yang tidak mustahil dan pasti akan dijalaninya. Zina kedua mata adalah melihat, zina kedua telinga adalah mendengar, zina lidah adalah berbicara, zina kedua tangan adalah menyentuh, zina kedua kaki adalah melangkah, dan zina hati adalah berkeinginan dan berangan-angan, sedangkan semua itu akan ditindak lanjuti atau ditolak oleh kemaluan." (HR. Muslim).

2) zina termasuk perbuatan keji dan mungkar

3) zina merupakan jalan yang buruk

4) mendekati saja sudah dilarang, apalagi melakukan