Jelaskan bentang alam Negara Amerika Serikat

Posted on

Jelaskan bentang alam Negara Amerika Serikat

Keragaman bentang alam di negara Amerika Serikat adalah sebagai berikut

1. Di bagian barat terdapat deretan Pegunungan Sierra Nevada, Pegunungan Rocky, dan Pegunungan Cascade. Terdapat pula Lembah Mississippi yang luas dan subur.

2. Di bagian tengah terdapat dataran rendah yang banyak memiliki danau, seperti Danau Erie, Danau Superior, Danau Michigan, Danau Huron, dan Danau Ontario. Di antara Danau Erie dan Ontario terdapat air terjun Niagara.

3. Di bagian timur terdapat dataran tinggi dan pantai yang dibatasi oleh Pegunungan Appalache. Adapun di antara Pegunungan Sierra Nevada dan Pegunungan Rocky terdapat Plato Kolorado memiliki ngarai yang disebut Grand Canyon.

✦꧁Pembahasan꧂✦

Amerika Serikat

  • Luas dan Lokasi

Secara astronomis, Amerika Serikat terletak di antara 24° 33' LU-70° 23'LS dan 172° BT-66° BT. Luas wilayahnya 9.826.630 km². Negara ini berbatasan dengan negara Kanada di sebelah utara, dengan negara Meksiko serta Teluk Meksiko di sebelah selatan, Samudra Atlantik di sebelah timur, dan Samudra Pasifik di sebelah barat.

  • Iklim

Iklim di Amerika Serikat sangat dipengaruhi keadaan alam. Iklim sedang terjadi di daerah pantai barat. Iklim kering terjadi di sekitar dataran tinggi Kolorado. Iklim subtropis terjadi di sekitar dataran pantai barat bagian selatan. Iklim laut tropis umumnya terdapat di daerah Kepulauan Hawai dan daerah bagian timur hingga Semenanjung Florida. Iklim dingin teriadi di daerah sekitar kutub utara. Iklim stepa terjadi di wilayah lembah sampai perbatasan deng

  • Bentang Alam

1. Di bagian barat Amerika Serikat terdapat deretan Pegunungan Sierra Nevada, Pegunungan Rocky, dan Pegunungan Cascade. Di daerah ini terdapat Lembah Mississippi yang luas dan subur.

2. Di bagian tengah Amerika Serikat terdapat dataran rendah yang banyak memiliki danau, seperti Danau Erie, Danau Superior, Danau Michigan, Danau Huron, dan Danau Ontario. Di antara Danau Erie dan Ontario terdapat air terjun Niagara.

3. Di bagian timur Amerika Serikat terdapat dataran tinggi dan pantai yang dibatasi oleh Pegunungan Appalache. Adapun di antara Pegunungan Sierra Nevada dan Pegunungan Rocky terdapat Plato Kolorado memiliki ngarai yang disebut Grand Canyon.

▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒

Pelajari Lebih Lanjut

✎Materi tentang karakteristik benua Amerika

brainly.co.id/tugas/794607

✎Materi tentang pendapatan per kapita Amerika Serikat

brainly.co.id/tugas/16895511

✎Materi tentang ibu kota negara Amerika Serikat

brainly.co.id/tugas/13383188

Detail Jawaban

✎Kelas : 9 SMP

✎Mata Pelajaran : IPS

✎BAB : 10 — Benua dan Samudera

✎Kode : 9.10.10

✎Kata Kunci : Bentang alam Amerika Serikat

#TingkatkanPrestasimu