TOLONG BANTU JAWAB BESOK DIKUMPUL !!!….

Posted on

TOLONG BANTU JAWAB BESOK DIKUMPUL !!!....

TOLONG BANTU JAWAB BESOK DIKUMPUL !!!….

[ans]

Berdasarkan tabel hasil uji coba, zat makanan yang mengandung gula dan amilum berturut-turut adalah b. 2 dan 3.

Penjelasan:

Bahan makanan pertama diuji dengan reagen Fehling A dan B, reagen ini, sama dengan larutan Benedict, digunakan untuk menguji keberadaan karbohidrat dalam bahan makanan.

Jika bahan makanan positif mengandung karbohidrat, maka warna larutan akan berubah menjadi oranye hingga merah bata, sedangkan jika negatif, warna kedua larutan adalah biru.

Maka diketahui bahwa bahan makanan pertama menghasilkan hasil negatif, sementara bahan makanan kedua menghasilkan hasil positif adanya karbohidrat.

Bahan makanan ketiga diuji dengan larutan Lugol atau kalium iodida, reagen ini digunakan untuk menguji kandungan amilum atau tepung dalam bahan makanan.

Jika bahan makanan positif mengandung amilum, maka warna larutan akan berubah menjadi biru tua, sedangkan jika negatif, warna larutan adalah oranye kecokelatan.

Maka diketahui bahwa bahan makanan ketiga menghasilkan hasil positif adanya amilum.

Bahan makanan keempat diuji dengan larutan Biuret, reagen ini digunakan untuk menguji keberadaan protein dalam bahan makanan. Jika positif ada protein maka warnanya berubah menjadi ungu, sedangkan jika negatif, warna larutan biru.

Maka diketahui bahwa bahan makanan keempat menghasilkan positif adanya protein. Menentukan kandungan bahan makanan keempat tidak diperlukan karena pertanyaan hanya meminta gula dan amilum.

Kelas: 11/2 SMA

Kategori: Sistem Pencernaan

D 4dan 1
maaf kalau saya salah