Bagaimanakah keaadan alam yg ada di benua eropa

Posted on

Bagaimanakah keaadan alam yg ada di benua eropa

Keadaan alam Eropa sangat beragam karena termasuk dalam rangkaian Pegunungan Sirkum Mediterania. Puncak tertinggi di Benua eropa adalah Gunung Elbrus (5.633 m) dan titik terendahnya Laut Kaspia yang berada pada kedalaman 28 meter di bawah permukaan laut. Secara garis besar keadaan alam Benua Eropa dikelompokkan menjadi empat sebagai berikut.

Pegunungan Tinggi Selatan
Bagian selatan Benua Eropa didominasi oleh Pegunungan Alpen dengan puncaknya Gunung Mount Blanc (4.813 m). Pegunungan ini membentang dari Spanyol sampai Pegunungan Kaukasus. Rangkaian pegunungan Alpen meliputi Pegunungan Pyrena antara Spanyol dengan Prancis, Pegunungan Ural antara Eropa dengan Asia, dan Pegunungan Kaukakus antara Laut Hitam dan Laut Kaspia.
Dataran Rendah Tengah
Sebagian besar bentang alam Eropa merupakan dataran rendah yang terletak meluas dari Lembah Garone di Prancis sampai Pegunungan Ural di Asia Timur. Negaranegara Eropa yang terletak di daerah dataran rendah ini antara lain Prancis, Belanda, Luksemburg, Belgia, Jerman, Polandia, dan Rusia.
Dataran Tinggi Tengah
Dataran ini terletak di antara dataran rendah tengah dengan Pegunungan Alpen di bagian selatan. beberapa dataran tinggi yang terletak di wilayah ini antara lain Dataran Tinggi Meseto (Spanyol), Dataran Tinggi Masif Tengah (Prancis), Dataran Tinggi Ardenes (Belgia), Dataran Tinggi Vosges (Prancis).
Dataran Tinggi Barat Laut
Dataran tinggi ini membentang dari Prancis bagian barat melalui Kepulauan Inggris, Skandinavia (Norwegia dan Skotlandia).

Rangkaian pegunungan yang terdapat di Eropa merupakan sumber mata air bagi sungai-sungai besar yang mengalir di daratan Eropa. Berdasarkan arah aliran dan tempat bermuaranya, sungaisungai besar di Eropa dikelompokkan menjadi lima yaitu sebagai berikut.
Sungai-sungai yang bermuara ke Laut Tengah yaitu Sungai Ebre (Spanyol), Sungai Rhone (Prancis), dan Sungai Po (Italia).
Sungai-sungai yang bermuara ke arah barat (Samudra Atlantik) yaitu Sungai Seine, Sungai Rhein, Loire (Prancis), dan Sungai Guadiana (Portugal).
Sungai-sungai yang bermuara ke laut utara yaitu Sungai Wesser dan Sungai Elbe (Jerman), Sungai Oder, Sungai Vistula (Polandia).
Sungai yang bermuara ke Laut Kaspia yaitu Sungai Volga (sungai terpanjang di Eropa).
Sungai yang bermuara ke Laut Hitam yaitu Sungai Donau (Rumania).

Beragam karena termasuk dalam rangkaian pegunungan sirkum mediterania