Apa fungsi etnografi?

Posted on

Apa fungsi etnografi?

Jawaban Terkonfirmasi

Ethnography ini berasal dari kata ethos, yakni bangsa atau suku bangsa dan graphein yakni tulisan atau uraian. Etnografi sendiri bisa disebut dengan kajian mengenai kehidupan dan kebudayaan suatu masyarakat atau etnik, contohnya tentang adat-istiadat, kebiasaan, hukum, seni, religi, bahasa. etnografi berasal dari kata ethos, ialah bangsa atau suku bangsa dan graphein yaitu tulisan atau uraian.  

Seorang etnografer ini tidak hanya mengamati namun juga berupaya untuk menyatu dalam kehidupan kultural suatu kelompok masyarakat yang ditelitinya. Etnografer sendiri cenderung melihat pola-pola yang ada dalam kelompok sosio-kultural yang ditelitinya, pola-pola tersebut meliputi pola perilaku, sistem keyakinan, bahasa serta nilai kultural yang dianut dalam kehidupan sehari-hari.

Pembahasan

Ethnography ini berfungsi untuk memahami manusia dan budayanya, sambil memuaskan kebutuhan manusia dan memahami serta memuaskan kebutuhan akan solusi bagi masalah budaya.

Sedangkan manfaat dari Etnografi yakni beberapa kebuaayaan suatu bangunan pengetahuan yang meliputi teknik penelitian, teori ethnography, dan berbagai macam deskripsi kebudayaan.

Jenis – jenis dari etnografi sendiri ada etnografi klasik, etnografi sistematis, etnografi interpretatif atau ethnography hermetis, dan etnografi kritis.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang Bagaimanakah perilaku masyarakat dapat dikatakan sebagai perilaku menyimpang? brainly.co.id/tugas/9647720

2. Materi tentang Perilaku yg mencerminkan perilaku di masyarakat brainly.co.id/tugas/15339554

3. Materi tentang Perilaku masyarakat dikatakan sebagai penyakit sosial apabila perilaku tersebut brainly.co.id/tugas/4646957

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 9

Mapel: IPS

Bab: Bab 15 – Perilaku Masyarakat dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Globalisasi

Kode: 9.10.15

#AyoBelajar