Berapa macam jenis bunga melati?

Posted on

Berapa macam jenis bunga melati?

1. belgius

2.jaminum prilinum

3.jaminum multiflorum

4.jasminum rex

5.jasminum parkeri

Jenis – jenis melati

1. Jasminum elongatum (Bergius) Willd
Jenis ini biasa tumbuh tinggi sekitar 1 sampai 7 meter. Ciri fisik daun sederhana berbentuk oval dan tersusun dengan pasangan berlawanan pada sepanjang tangkai. Kelopak dalam satu tangkai bunga biasanya berjumlah 6-8 dan tabung mahkota bisa memiliki panjang hingga 3 cm.
2. Jasminum mensyi (Jasminum primulinum atau melati primrose)
Jenis ini tersebar di Vietnam dan China bagian selatan seperti Guizhou, Sichuan dan Yunnan. Namun ada juga yang mengatakan berada di Honduras, Meksiko dan Amerika Serikat bagian selatan seperti Florida, Georgia, Alabama, Louisiana, Texas dan Arizona lewat proses naturalisasi.
Jenis ini biasanya dapat tumbuh tinggi hingga 3 meter dengan lebar sekitar 1-2 meter. Memiliki ciri bunga berwarna kuning dan berbau wangi ketika musim panas dan musim semi.
3. Jasminum multiflorum
Jenis ini juga dikenal dengan sebutan lain seperti melati berbulu lebat, melati musim dingin, melati India dan melati bintang. Juga dikenal dengan nama Magha Mallika dalam bahasa Sansekerta.
4. Jasminum officinale atau melati casablanca (Spanish Jasmine)
Yang lebih dikenal dengan “melati biasa”.
Aslinya berasal dari Kaukasus, Iran bagian utara, Pakistan, Afghanistan, Tajikistan, Himalaya, Nepal, India dan China bagian barat seperti Guizhou, Sichuan, Xizang.
Namun jenis ini sudah banyak dibudidayakan di banyak daerah lain, seperti negara-negara Eropa: Spanyol, Italia, Perancis, Portugal, Rumania, dll. Nama lain dari jenis ini juga dikenal sebagai sebutan melati putih, melati musim panas atau melati (saja).Bunga melati jenis ini juga menjadi bunga nasional negara Pakistan.
5. Jasminum parkeri
Jenis ini biasanya tumbuh tinggi sekitar 1 kaki. Mempunyai batang kecil yang kusam dan ciri daun oval kecil. Warna bunganya kuning dan memiliki aroma wangi. Pada awalnya, jenis ini pertama dikumpulkan di Chamba, Himachal Pradesh, India pada tahun 1920 oleh Richard Neville Parker.
6. Jasminum revolutum
Jenis ini berukuran sedang dengan daun yang terdiri dari selusin yang berbentuk oval dan bunganya berwarna kuning cerah berukuran 2.5 cm serta beraroma wangi. Terdapat 5-12 kelopak dalam 1 bunga pada awal musim panas dan akhir musim semi.
7. Jasminum rex
Berasal dari Thailand. Memiliki daun dengan ukuran yang lumayan besar. Biasanya muncul pada musim dingin dan musim gugur.
8. Jasminum sambac (L.)
Inilah melati putih. Jenis yang berasal dari Asia Selatan seperti Sri Lanka, India dan Myanmar.
Penyebarannya sendiri dimulai dari Hindustan ke Indocina, dan seterusnya menyebar ke kepulauan Melayu. Bunga melati jenis inilah salah satu dari beberapa bunga nasional negara kita. Dikenal dengan julukan “Puspa Bangsa “.
9. Jasminum simplicifolium
Jenis ini biasanya dapat dengan mudah ditemukan di Australia. Dapat tumbuh tinggi hingga 2 meter jika sebagai semak. Namun jika cara tumbuhnya memanjat ke batang pohon lain, tingginya bisa sampai 10 meter. Rata-rata batang tanamannya tidak berambut.
Tempat hidupnya berada di tepi hutan hujan, sebelah utara dari Singleton, New South Wales. Dan juga dapat ditemukan di Queensland, Northern Territory dan Western Australia. Bentuk daun dapat berukuran mulai dari 3-7 cm panjangnya, dan 1-4 cm lebarnya.

setauku ini, maaf klo salah