Sebutkan Rasul Ulul Azmi​

Posted on

Sebutkan Rasul Ulul Azmi​

Jawaban Terkonfirmasi

Nama – nama Rasul yang mendapat gelar Ulul Azmi :

  • Nabi Nuh a.s  
  • Nabi Ibrahim a.s  
  • Nabi Musa a.s  
  • Nabi Isa a.s  
  • Nabi Muhammad SAW  

Penjelasan :

Arti Rasul Ulul Azmi adalah Rasul-rasul pilihan yang memiliki keteguhan hati dan ketabahan yang luar biasa, kesabaran dalam berbagai hal, kegigihan dalam menyampaikan ajaran tauhid, walaupun banyak dari kaumnya menolak ajaran para Rasul ulul azmi tersebut.

Keteguhan hati dan kesabaran para Rasul Azmi dalam berdakwah menegakkan tauhid dijelaskan dalam Q.S. Al-Ahqaf : 35

فَٱصْبِرْ كَمَا صَبَرَ أُو۟لُوا۟ ٱلْعَزْمِ مِنَ ٱلرُّسُلِ وَلَا تَسْتَعْجِل لَّهُمْ ۚ كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ لَمْ يَلْبَثُوٓا۟ إِلَّا سَاعَةًۭ مِّن نَّهَارٍۭ ۚ بَلَٰغٌۭ ۚ فَهَلْ يُهْلَكُ إِلَّا ٱلْقَوْمُ ٱلْفَٰسِقُونَ

Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka. Pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (Inilah) suatu pelajaran yang cukup, maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik.

Iman kepada Rasul-rasul Allah SWT merupakan salah satu mengimani dari rukun iman. Para Rasul tersebut diutus ke muka bumi untuk menyampaikan kabar gembira, memberi petunjuk, dan membimbing manusia menuju jalan yang diridhai.  

Sebagai seorang yang beriman, maka hendaknya selalu mengimani para adanya para Nabi dan Rasul Allah SWT  

Allah SWT berfirman dalam Q.S. An-Nisa : 136

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ ءَامِنُوا۟ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَٱلْكِتَٰبِ ٱلَّذِى نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِۦ وَٱلْكِتَٰبِ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ مِن قَبْلُ ۚ وَمَن يَكْفُرْ بِٱللَّهِ وَمَلَٰٓئِكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَٰلًۢا بَعِيدًا

Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barang siapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.

Pelajari lebih lanjut  

Keteguhan hati para Rasul Ulul Azmi yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari brainly.co.id/tugas/15670845  

————————————————————————-

Detail jawaban

Kelas : 6 -SD  

Mapel : PAI  

Bab : Iman kepada Rasul-Rasul Allah SWT  

Kode :

#Ayobelajar