1) Tulislah Berbagai teori tentang asal-usul Nenek moyang

Posted on

Bangsa Indonesia dan tulistan persamaan dan perbedaannya
dari setiap teori yang menyatakan asal-usul bangsa
indonesia dari
setiap teori
2. Tulislah raspas yang tersebar di indonesia serta
Jalur penyebaran nya.
dimiliki
3.
tulislah bentuk kebudayaan Rohani yang
oleh nenek
nenek moyang Bangsa Indonesia.
Jawaban;​

1) Tulislah Berbagai teori tentang asal-usul Nenek moyang

1. Teori asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia biasanya akan didasarkan pada dua hal, pertama adalah dasar atas kesamaan bentuk fisik dan yang kedua adalah kesamaan dari akar bahasa yang digunakan. Sudah banyak ahli yang sejak lama memiliki pandangan yang berbeda akan hal ini. Tiap ahli juga memiliki alasan kuat yang mendasari teori yang mereka kemukakan.

Tetapi dalam catatan dan berbagai penemuan fosil manusia purba di Indonesia, menyebutkan bahwa nenek moyang Indonesia sebenarnya sudah ada sejak 3000 tahun sebelum masehi. Namun masih ada teori lainnya yang mencoba menjelaskan hal ini, berikut ini adalah teori dari ahli yang bisa dijadikan sebagai sebuah acuan untuk mencari tahu asal-usul dari nenek moyang bangsa Indonesia.

2.Ras di Indonesia terdiri dari 4 macam ras.

Ras yang pertama adalah ras Melayu Mongoloid yang merupakan ras terbesar yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, ras ini biasanya berasal dari Suku Jawa, Suku Toraja, Suku Dayak, Suku Madura dan Suku Banjar.

Ras Wedoid adalah ras yang berasal dari orang Kubu yang tinggal di Jambi, orang Sakai yang tinggal di Siak, serta orang tinggal di Kepulauan Mentawa dan Enggaro

Ras Negroid berasal dari orang – orang yang tinggal di Semenanjung Malaya dan Kepulauan Andaman.

Ras Papua Melanesoid adalah ras yang berasal dari orang – orang yang tinggal di Papua, termasuk yang ada di kepulauan Kai dan Aru.

2. Ciri – Ciri Fisik

Ras Melayu Mongoloid memiliki ciri fisik yang dimiliki oleh sebagian besar orang Indonesia yaitu orang – orang yang memiliki ras ini cenderung memiliki rambut ikal dan lurus. Bentuk wajahnya juga cenderung bulat.

Ras Wedoid memiliki ciri fisik yaitu orang – orangnya cenderung bertubuh kecil, memiliki kulit sawo matang serta rambut yang tidak lurus serta tidak ikal, bahkan cenderung mengombak.

Ras Negroid adalah mereka yang memiliki kulit hitam, rambut yang dimiliki yaitu keriting kecil – kecil namun berbadan kecil.

Ras Papua Melanesoid cenderung sama seperti ras Negroid namun mereka memiliki bibir yang lebih tebal.

3. Tarian Adat, Bahasa Daerah ,Alat musik ,Suku Daerah ,Lagu Daerah ,Rumah Adat