Sebutkan 5 penyebab terjadinya kegagalan interaksi sosial dalam masyarakat? ​

Posted on

Sebutkan 5 penyebab terjadinya kegagalan interaksi sosial dalam masyarakat? ​

Penjelasan:

Faktor yang menyebabkan kegagalan sosial :

1. adanya masalah : jika seseorang itu memiliki sebuah masalah maka orang tersebut dalam hal berinteraksi antar sesama dia tidak pernah fokus pada apa yang sedang terjadi dalam interaksi tersebut pikirannya ada diluar dari sosial yang ada.

2. Memetingkan ego : sifat ini yang paling tidak disukai oleh setiap manusia tapi manusia suka melakukan dengan egonya, tanpa peduli dampak yang akan terjadi karena ego tersebut, karena ego hanya untuk memberikan manfaat kepada dirinya sendiri tak peduli dengan apapun.

3. Tidak bisa menjaga mulut : disini terdapat berbagai macam orang tidak bisa menjaga mulutnya dikarenakan orang tersebut tidak berpikir sebelum bicara atau bisa jadi orang itu berbohong, dalam kehidupan masyarakat tidak suka dibohongi dan mereka meiliki etika dalam berkomunikasi

4. Faktor bahasa : ini juga sangat penting untuk saling memahami antara satu dengan yang sehingga tak terjadi salah paham, memang banyak terdapat berbagai macam bahasa disetiap daerah dan itu bisa ditunjukkan dalam bahasa tubuh, terkadang juga bahasa tubuh bisa berlawanan arti dalam setiap bahasa.

5. Tidak memiliki kepercayaan : satu hal sulit dilakukan oleh orang yang belum dikenal adalah sulit untuk bercanda, itu disebabkan masih belum bisa mempercayai seluruh apa yang kita lakukan bahkan itu bisa terjadi pada orang yang sudah kita kenal. Kepercayaan bukan hanya berdasar dari orang lain, melainkan kepercayaan pada diri sendiri itu juga dibutuhkan dalam kehidupan bersosial.

6. Adanya penyakit hati :

Sombong : jika orang itu sombong maka menganggap remeh sertiap lawan bicara, bahkan setiap apa yang dibicarakan orang lain itu dianggapnya tak didengarkan malah dia merasa yang paling berarti

Iri : jika orang itu iri maka orang itu tidak mau menerima siapa yang hal yang baik terjadi pada orang lain

Dengki : atau bisa disebut benci yang dapat merusak berbagai macam kebaikan dan tidak akn pernah suka dengan kebaikan, semua yang dipandangnya buruk.

Dendam : bahkan lebih berbahaya dari yang lainnya karena dai lebih suka mencelakakan orang lain walaupun kelihatannya dia baik tapi dia bermiat buruk pada yang lain.

7. Tidak bisa mengontrol diri : yang paling sulit dikontrol dalm berkomunikasi adalah mata karena mata dapat menimbulkan berbagai macam pertanyaan dalam berinteraksi, dan ini dapat menimbulkan salah paham.

8. Tidak apa adanya ( berlebihan ) : terkadang kita tidak suka melihat orang yang over akting, yang ingin menunjukkan dirinya lebih dari orang lain tapi jika itu tak panntas maka kita jadi aneh melihatnya.

9. Kebiasaan : lebih cenderung pada bersikap dalam masyarakat hal yang satu in yang sulit untuk dirubah karena itu sering dilakukan bahkan orang melakukannya merasa nyaman dan beranggapan bahwa hal itu wajar dan biasa saja, padahal kita tidak tahu dalam berinteraksi ada yang dinamakan dengan etika berkomunikasi.

JADIKAN JAWABAN TERCERDAS