Kerajinan yang dibuat dengan mempertimbangkan nilai guna praktis, bersifat universal. merupakan prinsip wilayah kerja kerajinan

Posted on

Kerajinan yang dibuat dengan mempertimbangkan nilai guna praktis, bersifat universal. merupakan prinsip wilayah kerja kerajinan

Jawaban:

Kerajinan yang dibuat dengan mempertimbangkan nilai guna praktis bersifat universal merupakan prinsip wilayah kerja kerajinan tradisional/kedaerahan.

Pembahasan

Produk kerajinan merupakan benda-benda yang dihasilkan dari keterampilan tangan pengrajin. Dengan keterampilan tangan, barang-barang yang diperlukan untuk membuat suatu kerajinan dapat dirangkai hingga menjadi benda dengan keindahan dan nilai tersendiri.

Prinsip Wilayah Kerja Kerajinan Tangan

Secara umum, kerajinan tangan dibuat dengan mempertimbangkan prinsip wilayah kerja kerajinan tangan, yakni

Keterampilan Tangan

Kerajinan dibuat dengan bergantung pada keterampilan tangan. Meskipun produksi yang dilakukan menuntut jumlah banyak, produk kerajinan masih tetap mengandalkan pengerjaan berdasarkan kemampuan tangan pengrajin. Sementara itu, banyak industri yang saat ini telah bergantung pada kemampuan mesin. Ini adalah salah satu pembeda produk kerajinan dan produk industri.

Keterampilan Teknik

Keterampilan teknik berjalan seiring dengan keterampilan tangan pengrajin. Artinya, kemampuan tangan pengrajin diasah untuk memahami dan menghafal teknik-teknik tertentu, tentunya yang baik, benar, dan profesional. Pengrajin yang menguasai keterampilan tangan dan keterampilan teknik akan mampu menciptakan produk kerajinan secara cepat dan tepat, sekalipun pembuatannya rumit. Tentunya produk yang dihasilkan mendetil dan memiliki kekhasannya masing-masing sebagai produk asli buatan tangan manusia.

Kedaerahan/Tradisional

Kerajinan yang dibuat merupakan benda-benda yang mempunyai nilai guna praktis serta bersifat universal. Kerajinan ini tentunya juga dihasilkan dengan keterampilan teknik tangan, tetapi masih dipengaruhi oleh adat istiadat setempat.

Bahan Produk Kerajinan

Selain itu, produk kerajinan juga dibagi berdasarkan jenis bahannya. Bahan baku yang dipakai untuk membuat kerajinan dapat menentukan sifat dari hasil akhir produk kerajinan.

Bahan berdasarkan sifat

Bahan alami

Bahan buatan

2. Berdasarkan tekstur

Bahan lunak

Bahan keras

Manfaat Produk kerajinan

Selain sifat produk kerajinan, tentunya seorang pengrajin juga telah memikirkan manfaat dari produk buatannya. Manfaat kerajinan dibagi ke dalam 4 manfaat, yakni

Kelengkapan busana

Kelengkapan suatu benda

Kelengkapan rumah/bangunan

Kelengkapan ritual/upacara adat

Nilai Produk Kerajinan

Selain manfaat, nilai dalam produk kerajinan juga menentukan mutu dan kualitasnya. Nilai produk kerajinan ada 4, di antaranya

Nilai fungsional

Nilai simbolik

Nilai informatif

Nilai prestisi