TulisLah 3Kelompok Yang merupakan Himpunan Dan3 kelompok Yang bukan Merupakan Himpunan

Posted on

TulisLah 3Kelompok Yang merupakan Himpunan Dan3 kelompok Yang bukan Merupakan Himpunan

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Himpunan adalah sebuah kelompok yang mana berisi kumpulan obyek (anggotanya) dari kelompok tersebut dapat didefinisikan secara jelas.

Seperti:

  • Himpunan hewan/binatang berkaki dua (anggotanya bisa dikenali dengan jelas, semua orang tahu dan setuju bahwa anggota dari himpunan ini adalah hewan-hewan yang memiliki dua kaki seperti Burung, Bebek, etc).
  • Himpunan bilangan bulat positif kurang dari 10 (anggotanya bisa dikenali dengan jelas, semua orang tahu dan setuju bahwa anggota dari himpunan ini adalah angka-angka bulat (yang bukan minus) dibawah 10 dari 1-9).
  • Himpunan kendaraan beroda tiga (anggotanya bisa dikenali dengan jelas, semua orang tahu dan setuju bahwa anggota dari himpunan ini adalah kendaraan-kendaraan yang punya tiga roda seperti Bajaj, Becak, etc).

Sedangkan, jika ada sebuah kelompok yang kumpulan obyek (anggotanya) tidak dapat didefinisikan secara jelas. Maka kelompok itu bukanlah himpunan.

Seperti:

  • Himpunan anak-anak cantik (anggotanya tidak bisa dikenali dengan jelas, karena ada orang yang mungkin berbeda pendapat (dia menggangap dirinya cantik, tapi tidak ada di daftar anggota himpunan)).
  • Himpunan makanan enak (anggotanya tidak bisa dikenali dengan jelas, karena ada orang yang mungkin berbeda pendapat. Enak menurut seseorang belum tentu enak menurut orang yang lain).
  • Himpunan baju-baju bagus (anggotanya tidak bisa dikenali dengan jelas, karena ada orang yang mungkin berbeda pendapat. Setiap orang mempunyai pandangan sendiri-sendiri seperti apa baju yang bagus).

== 00 == 00 ==

Maaf jika ada yang salah/kurang jelas dalam menjawab/menjelaskan..

Semoga dapat membantu! 🙂

#backtoschool2019