Carilah definisi budaya atau kebudayaan yang dikemukakan oleh beberapa pakar setelah berhasil menemukan pendapat para pakar tentang definisi budaya Analisislah persamaan dan perbedaan definisi-definisi tersebut​

Posted on

Carilah definisi budaya atau kebudayaan yang dikemukakan oleh beberapa pakar setelah berhasil menemukan pendapat para pakar tentang definisi budaya Analisislah persamaan dan perbedaan definisi-definisi tersebut​

Mata Pelajaran : Seni Budaya

Kelas : –

Kata Kunci : Kebudayaan

Penjelasan:

Budaya merupakan cara hidup yang berkembang, serta dimiliki bersma oleh kelompok orang, serta diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya ini terbentuk dari berbagai unsur yang rumit, termasuk sitem agama dan politik, adat istiadat, perkakas, bahasa, bangunan, pakaian, serta karya seni.

Bahasa sebagaimana juga sebuah budaya, adalah suatu bagian yang tidak terpisahkan dari manusia sehingga kebanyakan manusia lebih cenderung menganggap sebagai sebuah warisan secara genetis. Saat orang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya, serta lebih menyesuaikan perbedaannya, dan membbuktikan bahwa budaya itu dapat dipelajari.

Budaya merupakan pola hidup yang menyeluruh. budaya memiliki sifat yang kompleks, abstrak, serta luas. Bebagai budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur sosial-budaya ini tersebar, serta meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

  1. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski, mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.
  2. Herskovits, memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic.
  3. Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual, dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.
  4. Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
  5. Selo Soemardjan, dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Persamaan pada Pendapat Para Ahli Tentang Kebudayaan

  1. Kluckhohn dan Kelly, Budaya merupakan segala konsep hidup yang tercipta secara historis, baik yang implisit maupun yang eksplisit, irasional, rasional, yang ada di suatu waktu, sebagai acuan yang potensial untuk tingkah laku manusia.
  2. Jensen dan Trenholm Budaya merupakan seperangkat norma, nilai, kepercayaan, adat istiadat, aturan dan juga kode.

Perbedaan pada Pendapat Para Ahli Tentang Kebudayaan

  1. Bounded et.al kebudayaan adalah sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu.
  2. Dr. K. Kupper Kebudayaan adalah sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok
  3. Dawson Dalam bukunya yang berjudul Age of the Gods kebudayaan merupakan cara hidup bersama.
  4. Drs. Mohammad Hatta pengertian kebudayaan adalah ciptaan hidu pdari suatu bangsa.
  5. R. Soekomo Budaya merupakan hasil kerja dan usaha manusi aberupa benda maupun hasil buah pemikiran manusia dimasa hidupnya, dan masih banyak lagi.