ribosom merupakan organel sel yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya sintesis protein selain tersebar di sitoplasma ribosom ada yang melekat di retikulum endoplasma Apakah ada perbedaan fungsi diantara kedua ribosom tersebut Jelaskan pendapatmu .​

Posted on

ribosom merupakan organel sel yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya sintesis protein selain tersebar di sitoplasma ribosom ada yang melekat di retikulum endoplasma Apakah ada perbedaan fungsi diantara kedua ribosom tersebut Jelaskan pendapatmu .​

Jawaban Terkonfirmasi

Ribosom ada yang melekat di retikulum endoplasma Apakah ada perbedaan fungsi diantara kedua ribosom tersebut?

Ribosom yang berada di sitoplasma, hasil sintesis protein digunakan hanya sebatas untuk sel tersebut, sedangkan ribosom yang melekat di Retikulum Endoplasma hasil sintesis protein juga bisa disebarkan sampai keluar dari sel yang memproduksi, sehingga protein yang dihasilkan dapat bermanfaat untuk metabolisme semua sel.

Penjelasan:

Sel merupakan unit terkecil makhluk hidup, dimana di dalam sel terdapat berbagai organ penting. Salah satu dari organ tersebut adalah Ribosom. Ribosom ini berfungsi untuk mensintesis protein. Protein yang dihasilkan akan sangat bermanfaat, karena protein tersebut dibuat dengan cara menerjemahkan DNA.

Proses pembentukan protein disebut dengan sintesis protein. Sintesis protein memegang peran yang sangat penting dalam proses hidup suatu makhluk hidup. Pembentukan protein ditentukan oleh karakteristik gen yang dimilikinya.

Sintesis protein melibatkan bahan dasar dua puluh asam amino. Pelaksananya yaitu RNA duta, ribosom, RNA transfer, sumber energi ATP dan enzim polimerase.

Proses sintesis protein

  1. DNA membentuk RNAd untuk membawa kode- kode pembentukan protein, berdasarkan urutan basa nitrogennya.
  2. RNAd meninggalkan nukleus, pergi ke ribosom yang terdapat di sitoplasma.
  3. RNAt datang membawa asam amino yang sesuai dengan kode yang di bawa RNAd. RNAt menggabung dengan RNAd, sesuai dengan pasangan basa nitrogennya yang seharusnya.
  4. asam amino akan berderet dalam urutan yang sesuai dengan kode sehingga terbentuklah protein yang diharapkan.
  5. protein tersebut merupakan enzim yang mengatur metabolisme sel.

Retikulum Endoplasma (RE)

Retikulum endoplasma merupakan saluran berliku yang membentang dari inti sel menuju sitoplasma. Ada dua tipe RE, yaitu RE kasang dan RE halus. RE kasar yang ditempeli ribosom, sedangkan yang halus tidak ditempeli ribosom. RE berfungsi untuk membuat dan mentransportasikan bahan- bahan yang dibutuhkan oleh organel- organel sel.

Pelajari lebih lanjut materi tentang organel sel brainly.co.id/tugas/3775959

#BelajarBersamaBrainly