Amanat Puisi •Kepada Peminta – Minta• karya Chairil Anwar

Posted on

Amanat Puisi •Kepada Peminta – Minta• karya Chairil Anwar

Makna Puisi “Kepada Peminta-Minta”

Karya : Chairil Anwar

Baik, baik aku akan menghadap Dia    
Menyerahkan diri dan segala dosa    
Tapi jangan tentang lagi aku    
Nanti darahku jadi beku.

“ Seorang tokoh aku yang merasa iba kepada si pengemis dan memberikan apa yang ia punya dengan terpaksa. Tokoh aku terganggu dan risih selalu dipandang terus-menerus oleh pengemis, sebenarnya tokoh aku tidak setuju dengan cara si pengemis mencari nafkah dan mengatakan jika si pengemis terus seperti ini ia tidak akan iba lagi”.

Jangan lagi kau bercerita    
Sudah tercacar semua di muka    
Nanah meleleh dari luka    
Sambil berjalan kau usap juga.

“ Tokoh aku yang tidak suka mendengar si pengemis meminta-minta sambil memasang wajah susah dan sengsara, bahkan walau keringat banyak bercucuran ia tetap meminta dengan nada yang kasihan sampai ada yang memberinya uang”.

Bersuara tiap kau melangkah    
Mengeerang tiap kau memandang    
Menetes dari suasana kau dating    
Sembarang kau merebah.

“ Dari sudut pandang tokoh aku ia melihat si pengemis selalu meminta belas kasihan di setiap lanngkahnya, mengiba disetiap pandangannya, dan menangis setiap saat dan dia selalu tidur dimanapun dia berada”.

Mengganggu dalam mimpiku    
Menghempas aku di bumi keras    
Di bibirku terasa pedas    
Mengaum di telingaku.

“ Tokoh aku selalu kepikiran dengan sikap si pengemis, Membuatnya berpikir tentang kehidupan yang begitu sulit dan rumit, namun ia ingin mengatakan sesuatu yang selalu menjanggal dipikirannya kepada si pengemis agar mencari nafkah yang lebih baik dari pada meminta-minta”.

Baik, baik aku akan menghadap Dia    
Menyerahkan diri dari segala dosa    
Tapi jangan tentang lagi aku    
Nanti darahku jadi beku.

“ Seorang tokoh aku yang merasa iba kepada si pengemis dan memberikan apa yang ia punya dengan terpaksa. Tokoh aku terganggu dan risih selalu dipandang terus-menerus oleh pengemis, sebenarnya tokoh aku tidak setuju dengan cara si pengemis mencari nafkah dan mengatakan jika si pengemis terus seperti ini ia tidak akan iba lagi”