Bagaimana proses penaklukan kota mesir oleh amr bin ash

Posted on

Bagaimana proses penaklukan kota mesir oleh amr bin ash

Ketika itu, Imperium Romawi sedang lemah serta sudah kalah melawan kaum muslimin ketika perang sebelumnya dan Amr Bin Ash memiliki tekad yang kuat untuk menaklukan Mesir karena tanahnya yang subur. Pertama ia membebaskan Arisy dengn 3500 pasukan, kemudian ia membebaskan Farma, lalu Diyath, dan kemudian mengepung kota Biblis. Ketika pasukan musuh kalah, sebagian lari ke Raja Muqauqis (Raja Mesir). Kemudian Amr Bin Ash melakukan siasat diplomasi ke Raja Muqauqis.

Kemudian Amr Bin Ash mendapat bala bantuan dari Khalifah Umar untuk menaklukan Benteng Babylon yang dipimpin Zubair Bin Awwam sebesar 12.000 personil, setelah perang berlangsung sengit, akhirnya kaum Muslimin menang lalu musuh (Bangsa Koptik) melarikan diri ke Gezirah. 

Setelah itu Amr Bin Ash meminta izin untuk menaklukan kota Alexandria kepada Khalifah Umar. Setelah diizinkan Amr Bin Ash langsung menuju ke medan perang dan disambut oleh Pasukan Romawi, namun Kaum Muslimin pada akhirnya menang. Setelah itu kaum muslimin bergerak untuk menaklukan Maroko dan saat di Tripoli, ekspedisi dihentikan kemudian Amr Bin Ash bermkim di Kota Fusthat, Mesir.