Latar belakang terjadinya peristiwa qurban&haji?tolong dibantu ya teman2​

Posted on

Latar belakang terjadinya peristiwa qurban&haji?tolong dibantu ya teman2​

colorbox{00ffff}{}colorbox{00ffc0}{jawaban : dan : pembahasan}colorbox{00ffff}{}

LATAR BELAKANG TERJADINYA PERISTIWA HAJI

Sejarah haji dalam Islam bermula dari ribuan tahun yang lalu. Pada masa Nabi Ibrahim AS (1861-1686 SM). Ketika itu Nabi Ibrahim dan anaknya Ismail adalah yang pertama kali melakukan ibadan haji pada tanggal 8 zulhijjah setelah keduanya membangun ulang ka'bah yang sebelumnya rusak.

SEJARAH NABIULLAH IBRAHIM MELAKSANAKAN QURBAN

Pada mulanya, nabi Ibrahim as. telah banyak berqorban dengan berbagai macam jenis kebutuhan masyarakat. Mula mula beliau berqurban dengan mensedekahkan roti dan makanan lainnya. Selanjutnya sebagaimana satu riwayat dinyatakan bahwa setelah itu selalu berzakat dengan jalan menyembelih anak sapi, kambing, biri biri hingga onta. Karena itu Allah SWT mencoba menguji kekuatan iman Ibrahim dengan menyembelih putranya, yaitu Ismail as.

LATAR BELAKANG IBADAH QURBAN

Sejak keberadaan manusia di dunia ini, ritual pengorbanan ini telah ada. Dalam perkembangan peradaban manusia sejak putra dari manusia pertama (Adam as.) yaitu Qobil dan Habil yang memecahkan satu masalah dengan jalan melaksanakan ritual Qurban. Demikian pula nabi Nuh as. setelah adanya banjir besar yang melenyapkan satu peradaban manusia, juga melaksanakan ritual korban sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Ada juga ritual pengorbanan yang dilakukan oleh bangsa Yunani, Mesir, Mesopotamia, Jerman dan lain sebagainya.

Pelajari lebih lanjut

Syarat-syarat Berqurban

Arti Qurban dalam bahasa dan istilah

Detail Jawaban

Mapel: B. Arab

Kelas: 7

Materi: umat Islam berqurban.

Kata Kunci: Berkurban

Kode soal: 14

Kode Kategorisasi : 7.14