Bantu jawab kak Entar saya follow​

Posted on

Bantu jawab kak Entar saya follow​

Bantu jawab kak Entar saya follow​

Jawaban:

1. – Moh.Yamin

– Mr. Soepomo

– Ir. Soekarno

2.

3. Panitia kecil itu beranggotakan sembilan orang, di antaranya:

1. Ir. Sukarno (Ketua);

2. Drs. Mohammad Hatta (Wakil Ketua);

3. K.H.A Wahid Hasyim (Anggota);

4. Abdulkahar Muzakir (Anggota);

5. Mr. A. A. Maramis (Anggota);

6. Abikusno Tjokrosuyoso (Anggota);

7. Mr. Achmad Soebarjo (Anggota);

8. H. Agus Salim (Anggota); dan

9. Mr. Moh. Yamin (Anggota).

4. Latar belakang pembentukan Panitia Sembilan adalah karena rumusan dasar negara Indonesia oleh BPUPKI belum juga terbentuk. Maka dari itu, BPUPKI istirahat selama sebulan penuh yang kemudian digantikan sementara oleh panitia sembilan.

Panitia Sembilan sendiri adalah sebuah kepanitiaan beranggotakan sembilan orang yang dibentuk saat sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) tanggal 1 Juni 1945. Sebelum itu, BPUPKI juga telah menggelar rapat untuk mendiskusikan dasar negara Indonesia merdeka.

Tiga tokoh seperti Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno mengemukakan rumusan mereka tentang dasar negara namun, pada saat itu diskusi berjalan alot karena terdapat perbedaan mengenai rumusan dasar negara yang akan digunakan.

Pada akhirnya, Ir. Soekarno membentuk kepanitiaan informal beranggotakan sembilan orang, yang kemudian disebut sebagai Panitia Sembilan. Berikut ini adalah anggota Panitia Sembilan beserta tugas-tugasnya.

Panitia Sembilan bertugas untuk menampung berbagai aspirasi tentang pembentukan dasar negara Indonesia dan juga mengemban tugas untuk membahas serta merumuskan dasar negara Indonesia.