Di jawab ya kak.! Soalnya.

Posted on

Di jawab ya kak.! 
Soalnya.

Di jawab ya kak.!
Soalnya.

Ide pokoknya adalah A. Makhluk hidup bergerak dengan cara yang berbeda.

 \

Pendahuluan

Ide pokok adalah sebuah ide yang menjadi inti dari sebuah pembahasan,Maka dari itu biasanya ide pokok terdapat pada dikalimat kalimat yang mudah ditemukan,yaitu diawal,diakhir,atau keduanya.

 \

Ide pokok dapat berupa kalimat pendek yang dapat dipahami meski tidak terlalu sempurna,namun ide pokok dapat dikembangkan lagi menjadi paragraf baru.

 \

Paragraf yang meletakkan ide pokoknya diawal disebut paragraf deduktif,sedangkan paragraf yang menaruh ide pokoknya diakhir dapat disebut paragraf induktif,Namun juga ada paragraf yang menaruh ide pokoknya diawal dan diakhir sehingga disebut paragraf campuran.

 \

Kesimpulan

Pada teks digambar,terlihat bahwa ide pokoknya terletak diawal sehingga dapat disebut paragraf deduktif,sehingga ide pokoknya adalah a. makhluk hidup bergerak dengan cara yang berbeda.

 \ \ \

Pelajari lebih lanjut :⬇

  • Cara menentukan ide pokok

:brainly.co.id/tugas/41942418

  • Menentukan ide pokok teks "Bagaimana jagung berkembang biak"

:brainly.co.id/tugas/42079887

  • Pengertian ide pokok dan letaknya

:brainly.co.id/tugas/41971684

 \

➡ Detail jawaban:

  • Mapel: Bahasa indonesia
  • Kelas : 4
  • Materi: Menentukan ide pokok pada paragraf
  • Kode soal: 1
  • Kode kategorisasi : 4.1

pink{boxed{ red{ boxed{ pink{ star red{ tt : chanhoonvers : pink{ star}}} }} } }

Jawaban

Ide pokok pada paragraf tersebut adalah

A. Makhluk hidup bergerak dengan cara yang berbeda.

Pembahasan

Ada berbagai informasi yang bisa diperoleh saat membaca suatu paragraf atau teks.

Dari banyaknya informasi tersebut, ada informasi utama yang disampaikan dalam teks tersebut. Informasi utama disampaikan melalui ide pokok teks.

Ide pokok merupakan inti atau dasar permasalahan dari suatu teks. Ide pokok berisi gagasan dasar penulis atau pembuat teks. Oleh sebab itu, ide pokok dalam teks sering juga disebut pokok pikiran atau gagasan utama teks.

Dalam suatu paragraf atau teks tulis, ide pokok dapat dijumpai dalam kalimat utama. Kalimat utama berisi informasi utama yang menjelaskan dasar permasalahan di dalam teks. Kalimat utama biasanya terdapat di awal, di akhir, atau di awal dan di akhir suatu teks.