Jelaskan komponen kebugaran jasmani yang harus dimiliki oleh seorang pemain bola voli?​

Posted on

Jelaskan komponen kebugaran jasmani yang harus dimiliki oleh seorang pemain bola voli?​

Jawaban:

Permainan bolavoli merupakan suatu permainan yang mengandung banyak unsur-unsur gerak, seperti : kecepatan (Speed), kekuatan (strength), daya ledak (power), daya tahan (endurance), kelentukan (fleksibility), kelincahan (agility), keseimbangan (balance), ketepatan (accuracy), dan koordinasi (coordination).

Jawaban:

Power (daya), Speed (kecepatan), Flexibility (kelenturan), Agility (kelincahan), Endurance (daya tahan), dan Stamina (daya tahan kecepatan).

 Olahraga sangat digemari oleh semua masyarakat dan juga merupakan suatu hobi, olahraga sangat bermacam-macam jenisnya diantaranya adalah bola voli, sepak bola, bola basket, dan sebagainya. Selain olahraga merupakan suatu hobi tetapi olahraga juga terdapat suatu komponen kebugaran yang terkandung di dalamnya diantaranya; kelincahan,keseimbangan dan kekuatan. Dalam pembahasan ini diambilah komponen kebugaran olahraga bola voli.

Permainan bola voli merupakan suatu permainan yang kompleks yang tidak mudah untuk dilakukan oleh setiap orang. Diperlukan pengetahuan tentang teknik-teknik dasar dan teknik-teknik lanjutan untuk dapat bermain bola voli secara efektif. Dan dalam permainan bola voli juga dibutuhkan koordinasi gerak yang benar-benar dapat diandalkan untuk melakukan semua gerakan yang ada dalam permainan bola voli. Akan tetapi olahraga bola voli sangat berkembang dan merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer di indonesia sesudah cabang olahraga sepak bola dan bulu tangkis. Kepopuleran olahraga ini tampak dati sarana lapanganya yang ada di perdesaan maupun di perkotaan serta berbagai kegiatan yang diselenggarakan antara lain dalam kejuaraan antar sekolah, antar instansi, antar perusahaan dan sebagainya.

Pendidikan dasar bola voli juga sebagai media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritualsosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang.

Melihat dari perkembangan Bola voli di dunia yang kian merebak selayak dan seyogya nya pula kita sebagai generasi bangsa harus mengetahui beberapa olah raga yang sekarang menjadi salah satu tumpuan Indonesia yaitu diantara sekian banyak olahraga yang diminati di Indonesia dan Bola voli bahkan sudah mendemam ke seluruh plosok dan tidak ketinggalan di pedesaan. Untuk itu kita harus menanamkan pada peserta didik kita mengembangkan komponen-komponen kebugaran jasmani

           Berdasarkan uraian latar belakang diatas yang menjelaskan tentang pengertian olahraga secara singkat, pengertian bola voli secara singkat,komponen kebugaran tubuh nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Sehingga penulis merasa ingin membuat makalah tentang komponen kebugaran yang terkandung dalam cabang olahraga bola voli. Dan dapat dirumuskan sebuah rumusan masalah

Penjelasan: