Ilustrasikan secara singkat bagaimana perjuangan GAPI dalam rangka memperkokoh jatidiri dan perjuangan melawan penjajahan

Posted on

Ilustrasikan secara singkat bagaimana perjuangan GAPI dalam rangka memperkokoh jatidiri dan perjuangan melawan penjajahan

Jawaban Terkonfirmasi

Penjelasan mengenai garis perjuangan GAPI dalam rangka memperkokoh jati diri dan perjuangan melawan penjajahan akan dipaparkan pada bagian Pembahasan berikut.

Pembahasan

Kemunduran PPPKI (Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Partai-Partai Kebangsaan Indonesia) yang dipelopori oleh Parindra. Terutama ketika para tokohnya ditangkap dan diasingkan. PPPKI pun mengalami kemunduran, sebagai organisasi yang menyatukan kaum perjuangan, PPPKI dinilai gagal.

Kegagalan dari Petisi Sutardjo, dan kemunduran dari PPPKI menjadi alasan langsung untuk membentuk sebuah organisasi yang menyatukan semua organasisasi nasional ini dalam sebuah wadah. Sebelum di bentuk GAPI, ada sebuah badan yang dikenal dengan BAPEPI (Badan Perantara Partai-Partai Politik Indonesia) yang bertujuan untuk memberi wadah bagi kerja sama partai-partai politik Indonesia memberi wadah bagi kerja sama partai-partai politik Indonesia yang mempunyai cita-cita memajukan Indonesia. Namun, nasib badan ini kurang beruntung, berdasarkan pendiriannya saja sudah mengalami kontroversi, dan banyak alasan untuk organisasi lainnya untuk tidak masuk.

Lalu, datang inisiatif dari Thamrin, tokoh Parindra untuk membentuk suatu badan konsentrasi nasional. Hal ini didukung oleh keadaan dunia ketika itu yang semakin genting, serta kemungkinan Indonesia terlibat langsung dalam perang.

19 Maret 1939 usul THamrin ini disetujui  dan secara umum mendapatkan persetujuan dari organisasi lainnya. Dua bulan kemudian pada 21 Mei 1939, panitia persiapan menyelenggarakan persiapan menyelenggarakan rapat umum di Gedung Permufakatan.

Di sini Thamrin menerangkan bahwa, tujuannya adalah membentuk suatu badan persatuan yang akan mempelajari dan memperjuangkan kepentingan rakyat. Dalam pelaksanaan tiap-tiap organisasi tetap bebas untuk melakukan programnya sendiri.

Pada hari itu, pendirian GAPI disetujui dan diresmikan. Dalam anggaran dasarnya, tujuan pendirian GAPI ialah mengusahakan kerja sama antara partai-partai politik Indonesia serta menjalankan aksi bersama. Asas yang digunakan ialah penentuan nasib sendiri, kesatuan, dan persatuan nasional serta demokrasi dalam segi politik, sosial dan ekonomi. Di sini juga disetujui untuk mengadakan Kongres Rakyat, di kemudian waktu.

Dalam pengurusan sehari-hari dibentuklah kesekretariatan bersama yang diketuai oleh Abikusno (PSII) dan di bantu M.H Thamrin (Parindra) dan Amir Syarifudin (Gerindo).

Di dalam anggaran dasarnya GAPI berdasarkan pada:

  1. Hak untuk menentukan nasib diri sendiri.
  2. Persatuan nasional dari seluruh bangsa Indonesia, dengan berdasarkan kerakyatan dalam Paham politik, ekonomi, dan sosial.
  3. Persatuan aksi seluruh pergerakan Indonesia.

Pelajari juga

  1. Pengertian GAPI brainly.co.id/tugas/3944381
  2. Tujuan utama GAPI brainly.co.id/tugas/1691860
  3. Komisi Visman brainly.co.id/tugas/1282689

Detil jawaban

Kelas: 11

Mata pelajaran: Sejarah

Bab: 3 – Perjuangan Nasional di Indonesia

Kode: 11.3.3

Kata kunci: GAPI