Perkembangan islam di beberapa wilayah indonesia mulai abad ke 12 sampai abad ke 16

Posted on

Perkembangan islam di beberapa wilayah indonesia mulai abad ke 12 sampai abad ke 16

Jawaban Terkonfirmasi

Perkembangan Islam di indonesia mulai abad ke 12 hingga abad ke 16 adalah

  • pertama kali Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 12 dengan wilayah di pesisir pantai Indonesia, hal ini karena kekuasaan Kerajaan Sriwijaya sudah mengalami penurunan.
  • Akibatnya pedagangan ekonomi semkain menurun kemudian di tahun 1285 berdirinya Kerajaann samudra Psai sebagai kerajaan pertama Islam di indonesia.
  • Kemudian di abad ke 15 Kerajaan Majapahir mengalami keruntuhan yang kemudian digantikan dengan kerajaan Demaks ebagai kerajaan Islam pertama di Jawa.
  • Di wilayah lain di Indonesia mulai bermunculan kerajaan – kerajaan Islam seperti Kerajaan Banjar, Kerajaan Ternate dan Kerajaan Gowa. Hal ini lah yang memicu persebaran Islam di indonesia.

Pembahasan :

Teori masuknya Islam di indonesia

1. Teori Arab

Bahwa agama islam berasal dari Arab. Hal ini karena para pedagang Arab datang ke Indonesia untuk melakukan kegiatan perdagangan dan kemudian mendiirkan permukiman muslim di pinggir pantai, setlah itu menyebarkan agama Islam.

2. Teori Persia

Bahwa agama Islam berasal dari Persia sekarang Iran. Hal ini karena adanya persamaan kebudayaan Islam yang ada di indonesia dengan di persia.

3. Teori Gujarat

Bahwa agama Islam berasal dari Gujarat, India. Hal ini dibuktikan bahwa penemuan makam di gujarat dengan bercorak Islam yang juga ditemukan di Gresik.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari tentang penyebaran agama islam di Indonesia brainly.co.id/tugas/5388934

Pelajari tentang  teori penyebaran agama Islam brainly.co.id/tugas/2413413

———————–

Detil Jawaban

Kelas :  10 SMA

Mapel : Sejarah

Bab: Kerajaan – Kerajaan Islam di Indonesia

Kode kategori : 10.3.5

Kata kunci: Indonesia, Perkembangan Islam, Abad 12 – 16

.