Masyarakat yang hidup di daerah pegunungan cenderung membutuhkan rumah dengan Kon sisi ruangan lebih tertutup untukengutangi dinginya cuaca hal ini bahwa kebutuhan di pengaruhi oleh …

Posted on

Masyarakat yang hidup di daerah pegunungan cenderung membutuhkan rumah dengan Kon sisi ruangan lebih tertutup untukengutangi dinginya cuaca hal ini bahwa kebutuhan di pengaruhi oleh …

Jawaban:

masyarakat yg hidup di daerah pegunungan cenderung membutuhkan rumah dengan kondisi ruangan lebih tertutup untuk mengurangi dinginnya cuaca. hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan di pengaruhi oleh keadaan lingkungan sekitar

pembahasan

konsumsi adalah suatu kegiatan manusia yang menggunakan dan mengurangi daya guna suatu barang dan jasa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kepuasan manusia, baik secara berangsur-angsur maupun sekaligus. tujuan utama kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh manusia adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup dan juga kepuasan. adapun ciri-ciri kegiatan konsumsi adalah sebagai berikut:

kegiatan dilakukan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan hidup manusia.

produk yang dikonsumsi memiliki nilai manfaat bagi manusia.

produk (barang dan jasa) yang digunakan dapat berkurang atau habis.

produk yang dikonsumsi merupakan barang ekonomi yang didapatkan dengan pengorbanan, misalnya membelinya.

adapun beberapa tujuan kegiatan konsumsi adalah sebagai berikut:

1. pemenuhan kebutuhan jasmani dan rohani

tujuan utama kegiatan konsumsi dilakukan manusia adalah untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan rohaninya. kebutuhan jasmani misalnya makan/ minum, raga, dan lainnya. sedangkan kebutuhan rohani misalnya hiburan, beribadah, membaca buku, dan lain-lain.

2. memakai nilai guna suatu barang sekaligus

artinya, barang yang nilai gunanya habis sekaligus ketika digunakan oleh manusia. contohnya, makanan dan minuman yang tidak dapat bertahan lama dan harus dihabiskan sekaligus.

3. memakai nilai guna barang secara bertahap

artinya, barang atau jasa yang nilai gunanya akan berkurang secara bertahap ketika digunakan oleh manusia. dengan kata lain, barang dan jasa ini dapat bertahan lama, misalnya komputer, meja, mobil, motor, dan lain-lain.

adapun beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan konsumsi adalah sebagai berikut:

1. penghasilan

pengahasilan atau pendapatan seseorang berpengaruh besar terhadap tingkat konsumsi seseorang atau organisasi. semakin besar penghasilan seseorang maka orang tersebut akan mengkonsumsi lebih banyak barang/ jasa, begitu juga sebaliknya.

2. tingkat pendidikan

pendidikan sangat mempengaruhi pikir seseorang dalam melakukan kegiatan konsumsi. semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, umumnya tingkat konsumsinya juga akan semakin tinggi, begitu juga sebaliknya.

3. harga barang dan jasa

harga barang dan jasa dapat mempengaruhi tingkat konsumsi seseorang. semakin tinggi harga barang dan jasa, maka tingkat konsumsi akan semakin rendah, dan begitu juga sebaliknya.

4. jumlah keluarga

keluarga yang jumlah anggotanya lebih besar akan membuat tingkat konsumsinya semakin besar, begitu juga sebaliknya.

5. jenis kelamin

kebutuhan barang/ jasa antara pria dan wanita tentunya sangat berbeda. hal tersebut juga akan mempengaruhi tingkat konsumsi.

6. selera dan gaya

sebagian orang memiliki selera dan gaya yang lebih baik, baik dalam hal berbusana maupun hal lainnya. hal ini membuat tingkat konsumsi mereka menjadi lebih tinggi ketimbang mereka yang kurang memperhatikan gaya.

7. adat istiadat dan kebiasaan

kebiasaan dan adat istiadat di suatu daerah juga mempengaruhi tingkat konsumsi masyarakatnya.

pelajari lebih lanjut

1.pengertian konsumsi

2.tujuan kegiatan konsumsi

3.contoh kegiatan konsumsi

detail jawaban

kelas : 10

mapel : ekonomi

kategori : peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi

kode : 10.12.2

kata kunci : konsumsi