Indonesia berada pada peta pertemuan pegunungan sirkum pegunungan sirkum pasifik. Hal ini menunjukkan letak Indonesia berdasarkan

Posted on

Indonesia berada pada peta pertemuan pegunungan sirkum pegunungan sirkum pasifik. Hal ini menunjukkan letak Indonesia berdasarkan

Jawaban Terkonfirmasi

Indonesia berada pada peta pertemuan pegunungan sirkum pegunungan sirkum pasifik. Hal ini menunjukkan letak Indonesia berdasarkan letak Geologis.

Letak geologis Indonesia: Indonesia dilalui oleh dua rangkaian pegunungan besar yaitu rangkaian sirkum mediterania dan sirkum pasifik, Indonesia juga berada di titik pertemuan tiga lempeng litosfer yaitu, lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia dan lempeng Pasifik dan Indonesia juga terletak pada daerah tiga daerah dangkalan, yaitu Dangkalan Sunda, Dnagkalan Sahul dan daerah laut pertengahan Australia-Asiatis.

Letak astronomis Indonesia dan batas geografis indonesia: Indonesia terletak di antara garis 6°Lu -11°LS dan 95°BT-141°B. Batas wilayah negara Indonesia adalah sebagai berikut:

a. Sebelah utara berbatasan dengan Singapura, Laut Cina Selatan, Malaysia, Selat Malaka dan samudera pasifik

b. Sebelah selatan dan barat berbatasan dengan samudra Hindia

c. Sebelah timur berbatasan dengan Papua Nugini.

Pengaruh letak geologis bagi Indonesia yaitu:

1. Indonesia memiliki banyak gunung api aktif terutama di wilayah Barat, yaitu Pulau Sumatera dan pulau Jawa. Hal ini disebabkan oleh rangkaian sirkum Pegunungan Mediterania.

2. Wilayah Indonesia menyimpan banyak tambang dan mineral. Seperti emas, perak, besi, tembaga dan lain-lain. Hal ini karena di wilayah Indonesia banyak terdapat cekungan sedimen yang disebabkan oleh aktivitas tektonik.

3. Wilayah Indonesia juga termasuk wilayah daerah yang rawan bencana karena disebabkan oleh aktivitas geologis.

4. Di Indonesia terdapat banyak jenis tanah. Hal ini dikarenakan oleh aktivitas gunung berapi yang menghasilkan tanah vulkanik.

5. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang beragam seperti flora dan fauna nya, hal yang menyebabkan banyaknya keanekaragaman hayati di Indonesia karena dipengaruhi oleh dua dangkalan yang melalui wilayah Indonesia.

Untuk belajar lebih lanjut mengenai pengaruh berbagai macam letak Indonesia, dapat di simak pada link berikut brainly.co.id/tugas/7378750

Semoga membantu.

Detil tambahan

Kelas: 11 SMA

Mapel: Geografi

Kategori: –

Kata kunci : Letak geologis Indonesia.