Bahasa indonesianya cenah apa??

Posted on

Bahasa indonesianya cenah apa??

Jawaban Terkonfirmasi

Ceunah artinya adalah "katanya". Kata cenah atau ceunah adalah kata yang ada dalam bahasa Sunda. Dalam bahasa Sunda, arti kata ceunah adalah sama dengan kata "cenah". Dalam percakapan sehari-hari atau dalam bahasa tulisan Sunda ada yang menyebut kata "cenah" ini dengan kata "ceunah". Jadi, arti ceunah adalah "katanya", baik itu yang ditulis "cenah" atau "ceunah", dua-duanya pada kenyataannya dapat diterima.       

Ini cukup menarik, karena terutama dalam bahasa Sunda, jarang sekali ada toleransi terhadap perbedaan atau kesalahan (jika mau dikatakan kesalahan) pengucapan suatu kata, misalnya "sedeng" tidak bisa diganti jadi "seudeung", atau "beuteung" tidak bisa diganti dengan "beteng", atau "hideng" beda artinya dengan "hideung", tetapi kenyataannya ada toleransi terhadap kata "cenah" dan "ceunah".

Pembahasan

Dalam bahasa Sunda ada dua ragam bahasa yaitu yang disebut ragam basa hormat / lemes (halus) dan ragam basa loma (akrab/kasar). Dalam ragam basa hormat / lemes ada dua macam bahasa halus yaitu bahasa halus untuk diri sendiri dan bahasa halua untuk orang lain.  

Kata ceunah atau cenah dalam bahasa Sunda termasuk ke dalam ragam basa loma. Ragam basa hormat dari kata ceunah adalah "saurna". Jadi, ceunah artinya sama dengan saurna. Aturan atau ketentuan yang mengatur ragam bahasa dalam bahasa Sunda dikenal dengan sebutan Tataktama Basa Sunda, yang sebelumnya dikenal dengan istilah Undak usuk Basa Sunda.  

Tujuan adanya ragam bahasa dalam bahasa Sunda bukan untuk membeda-bedakan status sosial manusia, tetapi tujuannya adalah untuk menghormati orang tua dan menghargai sesama atau teman sebaya. Itulah sebabnya mengapa istilah Undak usuk Basa Sunda diganti dengan istilah Tatakrama Basa Sunda.

Pelajari lebih lanjut

__________

Detil Jawaban

Kelas : VII

Mapel : Bahasa Sunda – Paguneman

Bab : 1

Kode : 7.13.1

Kata Kunci : Ceunah, ceunah artinya, arti ceunah, arti kata ceunah