Bagaimana pengaruh peristiwa aumpah pemuda terhadap kehidupan masyarakat saat ini?​

Posted on

Bagaimana pengaruh peristiwa aumpah pemuda terhadap kehidupan masyarakat saat ini?​

Jawaban:

Pengaruhnya adalah dapat menumbuhkan (menimbulkan) semangat di antara kita (bisa dalam semangat Persatuan, dalam kekeluargaan, dan lainnya), terjadinya kerukunan di lingkungan masyarakat (sehingga masyarakat dapat hidup dgn aman dan tentram), dan lainnya..

Penjelasan:

> Nah, dalam menyongsong Kongres II (27 – 28 Oktober 1928), dibuatlah panitia kongres dgn Soegondo Djojopoespito dari PPPI (Perhimpunan Pelajar – Pelajar Indonesia) sebagai ketuanya dan Djoko Marsaid dari Jong Java sebagai wakil ketua. M. Yamin adalah tokoh penting dalam Kongres II sehingga dihasilkanlah Sumpah Pemuda dan keputusan bahwa tiap organisasi pemuda melebur menjadi satu dalam organisasi Indonesia Muda.

> Sebelum pembacaan teks Sumpah Pemuda, diperdengarkan lagu ''Indonesia Raya'' karangan W. R. Soepratman

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa saya menjelaskan tentang sejarah Sumpah Pemuda. Nah, dari situlah kita dapat mengambil pengaruh apakah yg telah terjadi terhadap masyarakat.

> Contoh pengaruhnya : dapat menumbuhkan (menimbulkan) semangat di antara kita (bisa dalam semangat Persatuan, dalam kekeluargaan, dan lainnya), terjadinya kerukunan di lingkungan masyarakat (sehingga masyarakat dapat hidup dgn aman dan tentram), dan lainnya…

Semoga Bermanfaat 🙂