Hukum agama ada 5 sebutkan apa saja​

Posted on

Hukum agama ada 5 sebutkan apa saja​

Jawaban:

haram

halal

sunah

mubah

makruh

Jawaban:

Hukum-hukum Islam :

1. Wajib (Fardhu)

Wajib atau bisa juga disebut fardhu dalam bahasa arab. Wajib (Fardhu) adalah hukum suatu perkara yang kalau kamu ngerjain dapat pahala, tapi kalau kamu ngga ngerjain berdosa. Hukum yang fardhu ini masih dibagi menjadi dua.

Wajib ‘Ain

Fardhu ‘Ain adalah kewajiban untuk setiap muslim mukallaf, beberapa contohnya mengerjakan sholat lima waktu, puasa , zakat, dan ibadah haji bagi muslim yang mampu. Ibadah- ibadah ini hukumnya fardhu ‘ain dan tidak boleh ditinggalkan kecuali dengan kondisi-kondisi tertentu.

Wajib Kifayah

Wajib Kifayah adalah kewajiban yang udah dianggap cukup kalau sebagian dari kamu yang mukallaf udah ngerjain. Misalnya ada tetangga meninggal, mensholati mayit itu hukumnya wajib, yang penting diantara kamu udah ada yang mensholati, kewajibannya udah terlaksanakan. Intinya ngga harus semua masyarakat setempat ikut mensholati.

2. Sunnah

Suatu perkara kalau kamu ngerjain kamu dapat pahala tapi kalau kamu ninggalin kamu ngga dapat dosa. Sunnah juga dibagi menjadi dua guys, yaitu :

Sunah Muakkad

Sunnah muakkad itu sunnah yang sangat dianjurin buat dikerjain karena sebagai penyempurna ibadah wajib. Selain itu juga sunnah ini seringkali dilakukan sama Rosulullah. Beberapa contohnya seperti sholat rowatib (sholat sunnah dua rokaat yang dilakukan sebelum atau sesudah sholat wajib), sholat idul fitri, sholat tarawih, dan masih banyak lagi.

Sunnah Ghairu Muakkad

Amalan sunnah yang tidak terlalu dianjurkan, contohnya sholat sunnah dua rokaat sebelum maghrib

3. Haram

Haram adalah suatu perkara kalau kamu ninggalin mendapat pahala, tetapi kalau kamu ngerjain kamu mendapat dosa. Misalnya, memakan babi, minum-minuman keras, durhaka dengan orang tua, dan sebagainya.

4. Makruh

Makruh adalah suatu perkara kalau kamu ngerjain nggak berdosa dan kalau ditinggalin dapat pahala. Contohnya, makan sebelum sholat, makan bawang, makan atau minum sambil berdiri, dan sebagainya.

5. Mubah

Mubah adalah suatu perkara yang kalau kamu ngerjain atau kamu ninggalin, kamu ngga dapat pahala atau ngga dapat dosa. Contohnya, makan, minum, tidur , dan sebagainya.