1.Uraikan sejarah lahirnya kebangkitan nasional !

Posted on

2. Sebutkan tokoh kebangkitan nasional !
3. Lahirnya kebagkitan nadional ada unsur Intern dan ekstern sebutkan !
4. Sebutkan faktor gagalnya perjuangan sebelum lahirnya kebangkitan nasional !
5. Siapakah tokoh pendiri Indische Party. !

1.Uraikan sejarah lahirnya kebangkitan nasional !

Jawaban:

1.Kebangkitan Nasional Indonesia adalah periode pada paruh pertama abad ke-20, di mana rakyat Indonesia mulai menumbuhkan rasa kesadaran nasional sebagai "orang Indonesia". Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928).

2.Dr. Sutomo,Ir. Soekarno,Dr. Tjipto Mangunkusumo,Raden Mas Soewardi Soerjaningrat/Ki Hajar Dewantara, Douwes Dekker.

3.Faktor Internal=Adanya penderitaan rakyat yang berkepanjangan akibat penjajahan,Adanya kenangan kejayaan masa lalu seperti zaman Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit,Lahirnya kaum-kaum intelektual atau terpelajar yang menjadi pemimpin pergerakan,Adanya diskriminasi rasial.

Faktor Ekternal=Timbulnya paham-paham baru di Eropa dan Amerika yang masuk ke Indonesia. Seperti nasionalisme, demokrasi, liberalisme dan sosialisme,Munculnya gerakan Turki muda atau All Indian National Congres 1885, dan Gandhisme. Itu tidak lepas kebangkitan nasional di Asian dan Afrika,Adanya kemenangan Jepang atas Rusia pada 1905 yang menyadarkan dan membangkitkan bangsa-bangsa Asia untuk melawan bangsa barat.

4.Perlawanan tidak dilakukan serentak,Perjuangan masih bersifat kedaerahan,Masih bergantung pada pimpinan jika pemimpin ditangkap perlawanan berhenti,Kalah dalam persenjataan,Belum terciptanya perasaan senasib yang kuat di antara masyarakat Indonesia.

5.Douwes Dekker,Dr. Cipto Mangunkusumo,Ki Hajar Dewantara