Apa peran marconi bagi perkembangan dunia penyiaran

Posted on

Apa peran marconi bagi perkembangan dunia penyiaran

Jawaban Terkonfirmasi

Apa peran marconi bagi perkembangan dunia penyiaran?

Jawaban

Pendahuluan

Dunia penyiaran sudah menyatu dengan aktivitas manusia sehari- hari. Sejak berubahnya teknologi analog menjadi dunia digital segala sesuatu tentang informasi sangat mudah didapat. Mulai dari informasi tentang social – politik, informasi tentang kurs uang saat ini dan informasi lain yang ada saat ini. Penyiaran muncul akibat dari teknologi diaplikasikkan ke dalam bentuk teknologi informasi dan komunikasi melalui pancaran gelombang elektromagnetik.

 

Pembahasan

Sejarah penyiaran dimulai ketika Heinrich Heirtz (1887) seorang ahlik fisika dari Jerman yang berhasil mengirimkan dan menerima gelombang radio. Guklielmo Marconi berperan menemukan radio.Lahir di Bologna, Italia, 24 april 1874. Ayahnya, Giuseppe Marconi asli petani Italia dan ibunya, Annie Jameson adalah anak pemilik Puri Daphne di Irlandia, yang saat itu masuk wilayah Inggris. Ia bersekolah di Bologna, Florence, dan Leghorn.Sejak kecil, ia sudah tertarik dengan kerja Maxwell, dan Hertz. Dalam usia 25 tahun yaitu pada tahun 1895, ia membuat laboratorium di rumah ayahnya di Pontecchio dan mengadakan penelitian mengenai gelombang radio yang pada saat itu disebut “Gelombang Hertzian” untuk mengirim sinyal telegraf. Pada saat itu, telegraf hanya bisa lewat kabel. Ia berhasil mengirim sinyal telegraf sejauh 2 kilometer. Namun demikian, Departemen Pos dan Telegraf Italia tidak tertarik akan temuanya. Namun, hal ini tidak membuat Marconi putus asa.

Pada tahun 1899, Marconi membangun radio antara Perancis dan Inggris yang disusul kemudian oleh Amerika dan Inggris. Dalam satu dekade hingga tahun 1912, ia mematenkan sejumlah temuan untuk menyempurnakan sistem radio yang diciptakanya. Pada tahun 1914, Marconi masuk ke angkatan bersenjata Italia dan menjadi diplomat Italia untuk Amerika pada tahun 1917. Setelah tidak menjadi dari pemerintahan italia lagi, ketika perang dunia ke 1, pada tahun 1935 Marconi kembali ke laboratorium dan mendemonstrasikan temuannya yang terbaru yaitu radar. Namun, dua tahun setelah penemuan itu ia meninggal dunia.

Pada awalnya radio hanya digunakan oleh kalangan militer karena masyarakat biasa kurang tertarik, Namun, ketika radio berhasil menyelamatkan kapal yang tenggelam dengan mengirimkan inforamasi darurat dan berita tersebut direspon sehingga para penumpang selamat, baru radio mulai diminati masyarakat.

Kesimpulan

Peran Guglielmo Marconi pada dunia penyiaran sangat penting, yaitu menyumbangkan eksperimen tentang mengirimkan morse ke Kanada dari Inggris dan menyebrangi Samudera Atlantik. Ia juga sebagai penemu radio.

Pelajari lebih lanjut

Jika ingin mengetahui pengertian dari penyiaran dapat melihat brainly.co.id/tugas/2586922

Jika ingin mengetahui sedikit tentang sejarah penyiaran dapat melihat brainly.co.id/tugas/4713805

Dan apabila ingin mengetahui UU tentang penyiaran di Indonesia dapat melihat brainly.co.id/tugas/5463876

Detil Jawaban  

Kelas : 4 SD

Mapel : Ilmu Sosial

Bab : Bab 9 – Perkembangan Teknologi

Kode : 4.10.9